Kegunaan Baking Powder Selain Untuk Memasak


Berarti udah gak asing lagi dong dengan bahan pembuat kue yang satu ini. Baking powder jadi bahan yang sangat penting dalam pembuatan kue agar adonan kue yang buat dapat mengembang sempurna dan bisa memberikan tekstur yang menarik pada hasil kue nantinya.

Uniknya, baking powder ini bukan cuma bisa digunakan untuk memasak, . Sebagai bubuk dengan bahan dasar bikarbonasi, ia juga mampu menjadi bahan pembersih untuk beberapa perabot penting di dapur. Mau tahu apa aja? Intip di sini ya, !

1. Mengosongkan pipa wastafel




Pipa saluran wastafel sering tersumbat? Enggak usah lagi memanggil orang lain untuk membersihkan kotoran yang menyumbatnya, sebungkus baking powder cukup lho untuk mengosongkan pipa wastafel yang tersumbat. Tuangkan air panas ke dalam pipa yang penyaring kotorannya telah diangkat, masukkan baking powder ke dalamnya, lalu tunggu selama 5 menit. Kemudian, masukkan cuka dapur & air panas lagi ke dalamnya dan tunggu sekitar 5-10 menit. Setelah itu, alirkan pipa dengan air keran. Kotoran yang menyumbat wastafelnya akan keluar dari saluran pipanya deh, !

2. Membersihkan perabot makan silver




Perabot makan silver seperti sendok, garpu, dan pisau roti yang sudah kotor atau berubah warna bisa bersih kembali seperti baru lho, . Caranya, bersihkan perabot makan dengan pasta yang terdiri dari baking powder dan air dengan perbandingan 3:1, lalu usapkan pasta ini ke bagian-bagian perabot yang kotor. Gosok hingga noda kotor menghilang. Mudah kan, ?

3. Menghapus sisa adonan di loyang




Siapa sangka baking powder yang dipakai untuk memanggang kue juga bisa untuk membersihkan sisa panggangannya? Jika ada sisa adonan di loyang yang sulit dibersihkan, tinggal merendam permukaannya dengan campuran taburan baking powder, air hangat, dan sabun cuci, lalu tunggu sekitar 15 menit. Dengan cara ini, kotoran adonan tadi akan terkelupas tanpa merusak loyangnya.

4. Pembersih wadah plastik





Plastik memang wadah makanan yang merepotkan karena pewarna dan bau bahan makanan di dalamnya bisa menempel selama berminggu-minggu jika tidak dibersihkan dengan benar. Untuk membersihkannya, rendam wadah plastik yang kotor dengan campuran baking powder dan air hangat dengan rasio 4:1, lalu tunggu sekitar 15 menit. Terakhir, gosok permukaannya untuk benar-benar melenyapkan bau dan kotorannya.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/kegunaan-baking-powder-selain-untuk-memasak

Belum ada Komentar untuk "Kegunaan Baking Powder Selain Untuk Memasak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel