Tips Mencegah Karat Pada Peralatan Dapur


Jika punya banyak peralatan dapur di rumah, otomatis harus tau juga cara merawatnya.

Terutama kalau terbuat dari logam dan alumunium. Proses memasak dan perawatan yang tidak tepat bisa membuat peralatan dapur jadi mudah terkena karat. Biasanya, alat dapur yang berkarat pasti akan langsung dibuang karena bisa membahayakan kesehatan. Memang cara itu benar, tapi tidak efektif jadinya . masih bisa lho untuk mengatasi peralatan dapur yang berkarat. Simak cara mencegahnya yuk !

1. Sering Gunakan Peralatan Masak




Punya peralatan dapur yang bagus bukan berarti harus selalu disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jarang digunakan, malah bisa menyebabkan karat . Gunakan peralatan masak minimal sebulan sekali. Dengan begitu, peralatan masak tidak akan mudah kotor dan berkarat. Tapi pastikan peralatan masak tersebut tidak kotor dan lembab sehingga karat tidak akan mudah muncul. Selain itu, cobalah menghindari penumpukan alat masak yang jarang digunakan ya .

2. Hindari Memasak Sampai Hangus




Memasak yang terlalu lama bisa membuat peralatan menjadi hangus. Kalau sudah hangus tentu saja akan mengurangi lapisannya. Jika tidak segera dibersihkan, bisa menimbulkan kerak pada wajan yang akhirnya menjadi karat . Untuk mencegahnya, oleskan sedikit minyak sayur bersih pada permukaan wajan atau panci yang hangus kemudian dicuci bersih. Minyak sayur dapat menjaga  permukaan penggorengan atau panci agar tidak berdebu, berkarat dan berjamur.  Lalu simpan di tempat yang terkena udara jangan di tempat yang lembab ya, .

3. Pastikan Alat Masak Tidak Berkarat





Peralatan dapur yang berkarat sering kali dibuang, tapi kalau berkaratnya belum terlalu banyak dan menyebar masih bisa dibersihkan, . Caranya sangat mudah dan dapat dipraktekan di rumah . Bahan-bahan sederhana seperti lemon yang memiliki kandungan asam bisa loh membasmi karat pada alat masak.) Caranya siapkan buah lemon secukupnya, lalu belah menjadi dua bagian dan gosokan pada noda karat yang ada di alat dapur. juga bisa menaburi garam sesekali dan gosok lagi sampai benar-benar bersih. Tapi jangan langsung dibilas ya , diamkan dulu beberapa saat. Selain lemon ada banyak juga bahan lainnya yang bisa membasmi karat diantaranya cuka, kentang, dan minyak tanah, cara pemakaiannya pun sama hanya digosokkan sampai bersih.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/tips-mencegah-karat-pada-peralatan-dapur

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Karat Pada Peralatan Dapur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel