Kenali Jenis-Jenis Potongan untuk Masakanmu

Nama-nama tersebut adalah jenis potongan sayur yang sangat mempengaruhi hasil masakan karena tiap potongan memiliki bentuk akhir yang berbeda, dan satu jenis potongan gak selalu bisa dipakai untuk semua jenis sayur. Jadi, harus paham jenis-jenis potongan sayurnya supaya bisa matang dengan merata dan penampilan masakannya jadi lebih menarik. Intip penjelasan jenis-jenis potongannya di sini ya, Mom!

1. Dice (Kubus)




Jenis potongan sayuran yang satu ini merupakan potongan yang paling umum digunakan pada saat memasak. Berbentuk kubus, potongan ini memiliki ukuran bermacam-macam ada ukuran yang  besar dan  kecil, tergantung kebutuhannya. Kunci dari potongan kubus ini ialah konsistensi ukurannya. Potongan ini sering sekali digunakan dalam banyak olahan makanan seperti sup, salad, isian lumpia, dan masih banyak lagi dengan sayuran bertekstur keras dan padat seperti kentang, wortel, lobak, dan sayuran akar lainnya.

2. Jardiniere (Memanjang)




Kalau potongan yang satu ini, istilahnya pasti sering temukan di dalam resep masakan. Jangan khawatir, potongan jenis Jardiniere atau memanjang berbentuk balok ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, . Potongan memanjang biasanya digunakan untuk sayuran seperti wortel, lobak, ubi, dan sayuran-sayuran keras lainnya. Selain itu, ukurannya pun bisa disesuaikan tergantung dari sayuran yang akan dimasak.

3. Chiffonade (Irisan)




Jenis potongan yang diiris, pastinya sudah sering praktekan saat memasak. Potongan ini istilah masaknya ialah Chiffonade atau iris tipis, sering digunakan ketika membuat bakwan atau saat menumis bumbu masakan, cocok untuk sayuran seperti kol, sawi putih dan seledri. Tebal dan tipisnya potongan irisan dapat sesuaikan dengan sayuran yang akan dimasak.

4. Chopped (Cincang)




Kalau jenis potongan yang satu ini, nama umumnya adalah cincang dengan bentuk yang tidak selalu beraturan dan ukuran nya pun tidak sama. Jika tidak punya waktu banyak untuk menghaluskan bumbu dapur, bisa gunakan jenis potongan cincang ini untuk mengolah bumbu masakan seperti, bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan cabai. Tapi bumbu-bumbu tersebut memang tidak akan sepenuhnya bertekstur halus ya, !

5. Minced (Halus)





Apa bedanya potongan cincangan dan potongan halus? Jelas beda , potongan ini lebih halus dari potongan cincang. Ketika dilihat sekilas, hasil potongan ini seperti bumbu yang sudah dihaluskan atau di uleg, cocok untuk memotong bumbu dapur, seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe. Potongan ini biasanya juga digunakan untuk sajian olahan makanan western. Jika ingin membuat saus untuk spaghetti atau cream soup, potongan halus ini bisa praktekan.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/kenali-jenis-jenis-potongan-untuk-masakanmu

Belum ada Komentar untuk "Kenali Jenis-Jenis Potongan untuk Masakanmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel