Menyimpan Cabai Agar Tidak Mudah Busuk



Membeli cabai dalam jumlah banyak memang agak riskan.

Cabai sangat rentan layu dan membusuk jika disimpan dalam waktu yang cukup lama, tapi kalau beli cabai dalam jumlah kecil pasti cukup merepotkan karena harus beberapa kali beli. Nah, agar tetap bisa membeli cabai dalam jumlah yang banyak, dan cabai yang beli tetap fresh dan tahan selama beberapa minggu, ada cara yang bisa dilakukan dalam penyimpanannya nih. Berikut caranya

1. Beli cabai yang segar




Saat membeli cabai, pastikan cabai yang dibeli dalam keadaan segar. Pilih cabai dengan kualitas yang baik, dan jangan pilih cabai yang sudah akan layu atau kering. Cara agar tahu kalau cabai yang dibeli masih dalam keadaan baik adalah dengan sedikit memencet bagian tengahnya. Jika bagian tengahnya keras berarti cabai tersebut masih fresh dan tidak busuk, tapi jika saat dipencet bagian tengahnya sudah lembek, cabai tersebut bisa dibilang sudah tidak baik kualitasnya.

2. Jangan cuci cabai yang baru dibeli




Setelah membeli cabai, ada baiknya jika tidak langsung dicuci. Apabila cabai yang dibeli dibungkus menggunakan plastik, segera keluarkan cabai tersebut dan letakkan cabai dalam wadah yang terbuka. Jika punya cabai yang kurang fresh, lebih baik digunakan secepatnya ya . Simpan cabai yang masih segar dalam wadah yang kering dan tidak lembap, setelah itu bisa menyimpannya di kulkas. Jika tidak ingin menyimpannya di kulkas, cabai bisa disimpan dalam wadah yang berlubang sehingga tidak akan lembab dan tetap kering.

3. Taruh bawang putih kupas ke dalam wadah cabai





Ketika menyimpan cabai di dalam kulkas, cukup taruh wadah berisi cabai di rak kulkas bagian tengah atau bawah dan jangan menaruhnya di freezer. Supaya cabai lebih awet, bisa melapisi wadah berisi cabai tersebut dengan tisu serta memasukan satu siung bawang putih yang sudah dikupas ke dalam wadah berisi cabai. Bawang putih bisa jadi pengawet untuk cabai secara alami. Untuk memastikan cabai tetap dalam keadaan kering, harus mengganti tisu di dalam wadah minimal seminggu sekali.

Sumber :https://sukamasak.com/artikel-tips/2019/02/menyimpan-cabai-agar-tidak-mudah-busuk

Belum ada Komentar untuk "Menyimpan Cabai Agar Tidak Mudah Busuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel