Pastel Goreng


Pastel memang menjadi salah satu makanan yang banyak diminati sejak puluhan tahun silam. Rasanya yang gurih dan kandungan gizinya yang cukup membuat camilan satu ini kerap dijadikan bekal Ibu untuk buah hatinya. Pastel juga mudah ditemui di mana saja dengan harga yang relatif terjangkau. Tak heran jika kemudian pastel dapat bersaing dengan camilan-camilan baru yang mulai bermunculan.

Lalu, sebenarnya apa sih pastel itu? Pastel adalah semacam pastry yang dibuat dengan meletakkan isian di dalamnya, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Di Indonesia sendiri, pastel gurih memang lebih populer. Pastel gurih ini umumnya berisi daging dan sayuran yang digoreng.

Namun, meskipun sudah dikenal sejak lama, benarkah pastel merupakan camilan khas Indonesia? Hal ini ternyata masih dipertanyakan. Pastel dipercaya berasal dari Mediterania, Timur Tengah sampai India. Kui ini mulai diperkenalkan di Eropa Selatan saat penyerbuan Bangsa Moor ke Eropa pada masa Perang Salib. Tak lama, kue ini kemudian mengalami modifikasi hingga menjadi kue khas Eropa Selatan dengan nama Empanada. Namanya berasal dari kata kerja empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti


Kolonialisme Portugis dan Spanyol lalu membawa kue pastel ke negara-negara jajahannya sehingga menjadikan kue ini begitu populer di Amerika Latin, Filipina, termasuk Indonesia. Empanada di Amerika Latin, Filipina, dan Indonesia memiliki variasi isian berbeda-beda yang disesuaikan dengan selera masyarakat.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2017/11/mengintip-sejarah-pastel-goreng-yuk

Belum ada Komentar untuk "Pastel Goreng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel