Tepo Tahu


Sebagian dari Anda mungkin mengernyitkan dahi ketika ditanya tentang makanan satu ini, apalagi kalau bukan Tepo Tahu. Makanan khas Ngawi ini memang belum begitu familiar di telinga. Meski demikian, bila Anda sedang berencana untuk mengunjungi kota Ngawi di Jawa Timur, tak ada salahnya memasukkan kuliner satu ini ke daftar tujuan Anda. Cita rasa dan aroma tepo kecap yang unik dijamin akan langsung membangkitkan selera makan Anda.

Lalu, sebenarnya apa itu tepo? Tepo merupakan makanan sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun pisang, namun tidak berbentuk lonjong. Tepo dibentuk menyerupai kubah segitiga dan bertekstur lebih halus daripada lontong. Umumnya, tepo disajikan bersama tahu telur, potongan kol, kacang goreng, serta toge yang kemudian disiram dengan kuah khusus.

Kuah tepo biasanya dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan seperti bawang putih, cabe rawit, gula merah, air asam serta garam. Selain itu, dibubuhkan pula kecap manis yang akan memperkuat cita rasa tepo tahu. Agar hasil tepo tahu lebih lezat, dipilih kecap berkualitas dan berasal dari bahan-bahan alami, seperti Kecap Sate. Kecap Sate akan menjadikan cita rassa tepo tahu lebih sempurna, karena merupakan perpaduan rasa unik dan khas antara manis, asam dan pedas.


Pada penyajiannya tepo, tahu, dan bahan-bahan lain dipotong-potong dan ditata didalam piring. Setelah itu, barulah tepo tahu disiram dengan kuah. Tepo Tahu ini biasanya disajikan dengan kerupuk kecil atau remukan kerupuk.

Selamat Mencoba

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2017/10/tepo-tahu-makanan-asal-ngawi-yang-patut-anda-coba

Belum ada Komentar untuk "Tepo Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel