3 Bahan Alternatif Pengganti Buttermilk


Pada dasarnya, hampir semua jenis cake memakai baking soda sebagai bahan pengembang. Buttermilk mengandung asam dan asam inilah yang dapat mengaktifkan baking soda, sehingga adonan dapat mengembang cantik saat dipanggang.

Sayangnya, buttermilk cukup sulit ditemukan kecuali di supermarket besar yang menyediakan bahan impor. Namun tak perlu khawatir, kita bisa membuat bahan pengganti atau substitusi dengan susu plus bahan-bahan di bawah ini. Apa saja?

1. Lemon

Pakai perbandingan 1:1 yakni 1 cup susu cair full cream atau wholemilk (240 ml) untuk 1 sdm air perasan lemon. Campurkan dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Diamkan selama 5-10 menit dalam suhu ruang hingga teksturnya mengental. Selain lemon, anda juga bisa pakai jenis cairan asam lain seperti cuka. Namun sesuaikan dengan jenis kuenya ya, karena aroma cuka lebih menyengat daripada lemon.

2. Cream of Tartar

Selain cairan asam, anda juga bisa pakai bubuk asam seperti cream of tartar. Caranya sama seperti lemon, yakni campurkan cream of tartar dengan susu cair murni. Pakailah 1 ¾ sdt cream of tartar untuk 1 cup susu cair (240 ml). Aduk merata dan diamkan 5-10 menit hingga teksturnya mengental dan agak menggumpal.

3. Yogurt

Jika tak punya susu cair murni, kita juga bisa memakai yogurt yang dicampur sedikit air. Yogurt merupakan produk susu sapi yang mengalami fermentasi sehingga memiliki rasa asam. Namun teksturnya masih terlalu creamy jika dibandingkan dengan buttermilk, oleh karena itu perlu dicairkan sedikit dengan air. Campurkan ¾ cup yogurt (190 gram) dengan ¼ air (180 ml). Aduk secara merata hingga teksturnya agak mencair tapi tetap kental. Selain yogurt, anda juga bisa pakai krim asam (sour cream).

Nah, supaya takaran setiap bahan pas dan akurat, gunakan timbangan dapur. Pilih yang terjamin keakuratannya, seperti Camry EK-360. Timbangan ini disertai mangkuk mika untuk bantu mengalasi bahan. Kapasitas maksimumnya 5 kg dan punya akurasi hingga 0.1 gram.

Sumber:https://resepkoki.id/3-bahan-alternatif-pengganti-buttermilk/

Belum ada Komentar untuk "3 Bahan Alternatif Pengganti Buttermilk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel