Mari Memilih & Mengolah Bunga Kecombrang


Bunga ini bisa diolah ketika masih kuncup dan mekar. Warnanya merah muda/merah jambu dan memiliki banyak sebutan lain yakni honje (Sunda), siantan atau kantan (Malaysia), kencong atau kincung (Medan), bongkot (Bali), dan sebagainya. Soal rasa, bunga kecombrang cenderung asam tapi tak menyengat seperti lemon. Penasaran bagaimana cara memilih dan mengolahnya? Langsung aja scroll ke bawah, yuk!

Memilih bunga kecombrang

Bunga kecombrang tersedia di pasar tradisional, modern, maupun supermarket. Umumnya, kecombrang dijual dalam bentuk kuncup dan yang sedikit mekar. Pilih bunga kecombrang berwarna merah muda segar, dan pastikan tak ada cacat atau noda hitam pada batang dan kuntumnya. Bunga kecombrang muda (kuncup kecil) aromanya memang tak sekuat kecombrang dewasa, tapi tetap cocok dibuat tumisan.

Mengolah bunga kecombrang


Kecombrang adalah bahan masak yang serbabisa. Mau direbus, dibuat sambal, dan dicampur dalam sup atau gulai pun rasanya tetap enak. Sebelum mengolahnya, potong bagian batang dan sisakan bagian kuncup (kuntum bunga) saja. Batang kecombang bertekstur keras, tapi anda bisa potong dengan pisau besar untuk dimasukkan dalam kuah sup. Batang ini berguna untuk memberi aroma khas pada kuah. Setelah dipisahkan dari batangnya, cuci bunga kecombrang (bagian kuncup) dan keringkan. Bunga ini bisa diiris tipis atau dicacah dan langsung diolah menjadi berbagai masakan.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-memilih-mengolah-kecombrang/

Belum ada Komentar untuk "Mari Memilih & Mengolah Bunga Kecombrang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel