3 Tips Mengaduk Adonan Kue agar Sukses dan Anti Bantat


bagaimana cara mengaduk adonan yang benar agar kue sukses dan anti bantat? Yuk, simak tips berikut.

1. Pelajari Resep yang Dibuat

Pertama-tama, kamu harus pelajari resep yang akan dibuat. Tidak hanya bahannya saja yang kamu perhatikan, tetapi kamu harus jeli membaca instruksi proses pembuatannya. Nah biasanya, di resep tertulis instruksi untuk mengaduk, aduk balik, atau aduk rata. Bahan kue yang diaduk pada umumnya ialah bahan kering seperti terigu, baking powder, dan cokelat bubuk.

Kamu harus hati-hati, jangan sampai keliru dengan istilah mengocok. Karena mengocok biasanya dilakukan untuk bahan adonan yang basah, seperti telur, margarin, dan gula yang dikocok bersamaan.

2. Gunakan Spatula atau Sendok Kayu


Nah, mengaduk itu sendiri artinya ialah mencampur adonan menjadi satu dengan menggunakan sendok kayu besar atau spatula, seperti IKEA Spatula Kare yang terbuat dari bahan karet silikon, sehingga adonan tidak akan mudah menempel. Jadi, untuk mencampurkan tepung terigu ke dalam adonan telur sebaiknya menggunakan spatula atau sendok kayu.

Oya, jangan sekali-sekali mengaduk dengan menggunakan mixer meskipun dengan kecepatan paling rendah sekalipun. Karena akan melepas udara dalam adonan sehingga akan menyebabkan adonan tidak mengembang secara sempurna. Sedangkan jika menggunakan sendok kayu, udara yang berada dalam adonan akan terperangkap dan tidak terbuang sehingga menghasilkan adonan yang sesuai dengan keinginan kita dan mampu mengembang sempurna.

3. Teknik Aduk Lipat

Untuk mengaduk adonan, kamu tidak boleh asal, ya. Diperlukan teknik agar kue yang kamu buat sukses dan anti bantat. Tekniknya disebut dengan teknik aduk lipat atau teknik aduk balik.

Nah, aduk lipat atau aduk balik ini merupakan teknik mengaduk adonan, terutama untuk mencampurkan antara adonan yang ringan dan penuh udara dengan adonan yang lebih padat dan kental. Misalnya, adonan putih telur yang sudah kaku dicampurkan ke adonan terigu, kuning telur, minyak dalam pembuatan chiffon cake.


Untuk caranya, spatula dijalankan dari atas, memotong adonan di bagian tengah hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau ‘dilipat’ ke depan. Gerakannya seperti membalik atau melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata.

Sumber:https://resepkoki.id/3-tips-mengaduk-adonan-kue-agar-sukses-dan-anti-bantat/

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Mengaduk Adonan Kue agar Sukses dan Anti Bantat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel