3 Cara Langkah Cepat Menghaluskan Kentang untuk Perkedel


Langkah utama pembuatannya adalah menghaluskan kentang seperti buat mashed potato. Namun menghaluskan kentang untuk perkedel ada aturannya, lho. Jika terlalu lama dihaluskan, tekstur kentang akan lembek dan agak kenyal sehingga sulit dibuat jadi perkedel. Nah, mau tahu cara menghaluskan kentang untuk perkedel yang tepat dan cepat? Simak terus di bawah ini!

1. Pilih dan cuci kentang sebelum diolah

Kentang yang digunakan untuk perkedel adalah kentang berukuran besar. Pilihlah yang permukaannya halus, terasa berat, dan bertekstur keras. Setelah itu, cucilah kentang di bawah air mengalir. Tiriskan kentang dan biarkan mengering.

2. Panaskan kentang agar teksturnya melunak

Trik menghaluskan kentang dengan mudah adalah memanaskan atau memasaknya terlebih dahulu. Suhu panas dapat melunakkan tekstur kentang, sehingga akan lebih mudah dihancurkan. Nah, ada tiga cara yang bisa anda pakai untuk memanaskan kentang, yakni goreng, rebus, atau kukus. Untuk rebus dan kukus sebetulnya hampir sama, karena keduanya memakai media air. Simak terus penjelasannya berikut ini.

a. Dengan menggoreng kentang

Sebagian besar resep perkedel lebih banyak memakai cara ini untuk menghaluskan perkedel. Dengan menggoreng kentang, tekstur perkedel tidak akan terlalu lembek (kalis), sehingga lebih mudah dibentuk. Caranya, kupas kentang dan potong dalam beberapa bagian. Panaskan minyak secukupnya dan goreng hingga kulitnya keemasan. Tiriskan hingga tak ada minyak menetes dan kentang siap dihaluskan.

b. Dengan merebus/mengukus kentang

Selain goreng, rebus atau kukus kentang juga bisa dilakukan agar teksturnya melunak. Siapkan panci atau panci dandang, lalu panaskan air hingga mendidih. Rebus/kukus kentang yang masih utuh (belum dikupas) hingga lunak, yakni sekitar 15-20 menit. Setelah itu, tiriskan kentang hingga kering. Kupas kulitnya yang masih agak panas dan kentang siap ditumbuk. Oh ya, perhatikan tekstur kentang setelah direbus/dikukus yang umumnya basah dan berair. Kentang yang terlalu basah atau berair dapat membuat teksturnya berminyak dan hancur saat digoreng.

3. Lumatkan kentang hingga cukup halus

Selagi kentang masih panas, segera lumat kentang hingga halus. Ingat, semakin lama didiamkan hingga dingin, kentang akan kembali mengeras seperti sedia kala. Nah, anda bisa melumatkan dengan garpu, ulegan, hingga potato masher. Lumatkan hingga tekstur kentang cukup halus dan tidak berbentuk bongkahan. Setelah itu, kentang tumbuk bisa dicampurkan dengan bumbu, deh!


Oh ya, sebaiknya tidak menghaluskan kentang dengan blender, food processor, dan alat sejenisnya. Tekstur kentang tumbuk akan menjadi sangat halus dan cenderung licin kalis. Dengan tekstur seperti itu, kentang tumbuk akan hancur ketika digoreng.

Sumber:https://resepkoki.id/3-langkah-cepat-menghaluskan-kentang-untuk-perkedel/

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Langkah Cepat Menghaluskan Kentang untuk Perkedel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel