5 Cara Memilih dan Mengolah Genjer yang Benar Agar Lezat


Untuk anda yang penasaran bagaimana cara memilih dan mengolah genjer dengan benar, yuk simak tips berikut ini.

1. Pilih genjer yang masih muda

Saat membeli genjer,  pilihlah genjer yang masih muda agar rasanya tidak getir dan pahit. Genjer yang masih muda memiliki daun yang lebar dan bunga yang masih kuncup. Saat ditekan bunganya masih lembut tidak keras. Jika anda membeli genjer yang bunganya sudah agak mekar dan keras, cukup masak bagian batang dan daunnya saja.

2. Rendam genjer sebelum dimasak


Setelah membeli genjer dan memotongnya, rendam genjer sebentar di dalam air agar seluruh kotoran yang menempel di daunnya hilang. Kemudian bilas dan tiriskan genjer sebelum dimasak.

Gunakan JYSK Saringan Sayur sebagai wadah rendaman genjer. Saringan sayur ini sudah menyatu dengan wadah mangkuknya, sehingga sangat memudahkan anda mulai dari merendam, membilas, hingga meniriskan genjer.

3. Hilangkan rasa pahit di genjer

Untuk anda yang kebetulan mendapatkan genjer yang tidak terlalu muda, jangan khawatir genjer akan pahit dan ketir. Remas-remas sebentar genjer dengan sedikit garam sebelum dimasak lalu siram genjer dengan air panas hingga agak layu.

4. Tumis genjer sebentar saja

Karena genjer memiliki tekstur berongga yang akan menyusut saat diolah, masaklah genjer sebentar saja di atas api sedang hingga layu sehingga warnanya masih hijau segar. Genjer yang dimasak terlalu lama akan menimbulkan warna yang agak hitam, tekstur yang terlalu empuk dan rasa yang kurang enak. Jadi, masukkan genjer sesaat setelah bawang dan cabe atau bumbu yang anda tumis sudah harum dan matang.

5. Beri tambahan bahan lain dalam menu masakan genjer

Agar lebih lezat masaklah genjer dengan berbagai tambahan bahan seperti oncom, tempe, teri, udang, atau petai. Anda juga dapat memasak genjer menjadi aneka menu makanan seperti tumis oncom genjer, tumis teri genjer, tumis udang petai genjer, bothok genjer, genjer masak cabe garam, genjer saus tiram, bahkan genjer goreng tepung.


Nah, ternyata memilih dan mengolah genjer itu mudah, kan? Belilah genjer yang masih segar agar tidak mudah hitam saat dimasak dan rasanya pun akan lebih nikmat. Sajikan hangat dengan nasi, ikan asin, tahu/tempe goreng, dan sambal, dijamin anda akan ketagihan dengan kenikmatannya.

Sumber:https://resepkoki.id/5-tips-memilih-dan-mengolah-genjer-yang-benar-agar-lezat/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memilih dan Mengolah Genjer yang Benar Agar Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel