Cara Membeli dan Menyimpan Cincau Hitam dan Agar Siap Pakai


Namun maraknya cincau hitam dan agar siap pakai yang dicampur dengan pewarna tekstil dan bahan pengawet, membuat saya harus berhati-hati saat membeli dan memilihnya di pasar. Agar terhindar dari hal tersebut, yuk simak tips membeli dan menyimpan cincau hitam dan agar siap pakai di bawah ini.

1. Perhatikan Bau, Warna, dan Tekstur

Saat anda membeli cincau hitam dan agar siap pakai, pilih yang tidak berbau asam dan tidak berbau bahan kimia atau tengik. Lalu pilih cincau dan agar-agar yang bertekstur kenyal namun mudah hancur, mudah berair, dan tidak lembut saat dipotong. Pilih juga cincau dan agar-agar yang warnanya bening, licin, mengkilat dan agar transparan. Cincau hitam alami tidak berwarna hitam pekat. Begitu pula agar siap pakai alami tidak memiliki warna yang terlalu terang dan mencolok.

2. Hindari Kandungan Formalin

Agak sulit memang memilih cincau hitam alami dan agar siap pakai yang tidak berformalin saat ini. Cincau hitam dan agar siap pakai berformalin punya ciri-ciri seperti ini: berbau asam/tengik, berwarna hitam pekat atau terlalu terang mencolok, bertekstur kesat, kering, terlalu kenyal, kusam, mengkerut, sama sekali tidak berair, bahkan tidak lembut saat dipotong. Sebisa mungkin hindari membeli cincau dan agar siap pakai yang seperti itu, ya!

3. Perhatikan Adanya Tidaknya Gelembung

Terkadang, ada cincau dan agar-agar yang permukaannya nampak bergelembung. Ini adalah pertanda bahwa cincau hitam dan agar-agar tadi tidak matang dan kurang lama saat dimasak.

4. Pilih Bahan dalam Kemasan

Agar lebih higienis, pilihlah cincau hitam dan agar siap pakai yang terbungkus dalam kemasan seperti plastik bening. Kemasan ini masih memungkinkan anda untuk bisa memeriksa tekstur, warna, dan bau cincau serta agar siap pakai yang hendak dibeli. Jika membeli yang tidak dikemas, dikhawatirkan ada kontaminasi dari lalat atau debu.

5. Cuci dan Simpan di Kulkas



Setelah membeli cincau dan agar siap pakai, segera cuci di air mengalir agar kotoran yang menempel hilang. Bila terlihat ada lunturan warna dari air bilasannya, rendam beberapa kali hingga air bilasannya terlihat bening. Terakhir kali sebelum disimpan, cuci kembali cincau dan agar siap pakai dengan air minum atau matang. Baru kemudian pindahkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas agar awet hingga 2-3 hari. Gunakan Calista Otaru Smokey sebagai wadah karena mampu menjaga kesegaran cincau dan tahan dengan suhu dingin kulkas.


Sumber:https://resepkoki.id/tips-membeli-dan-menyimpan-cincau-hitam-dan-agar-siap-pakai/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membeli dan Menyimpan Cincau Hitam dan Agar Siap Pakai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel