5 Cara Mencuci Piring Yang Benar dan Bersih


Simak informasi selengkapnya berikut.

1. Cuci peralatan memasak yang baru saja selesai dipakai

Cucian piring tidak akan menumpuk tinggi kalau kamu rajin mencuci di sela-sela pekerjaanmu. Contohnya nih, selagi menunggu masakan matang, buru-buru deh kamu langsung mencuci piring yang sudah dipakai. Mencuci piring sedikit demi sedikit itu lebih baik daripada mencuci sekaligus banyak lho. Jika dibiarkan menumpuk, selain melelahkan, kotoran pun akan semakin sulit dibersihkan. Duh, jadi tambah capek kan mencucinya. So, coba konsisten menerapkan cara ini ya, ladies.

2. Rendam peralatan memasak yang sulit dibersihkan akibat kotoran membandel

Jika kotoran sisa-sisa makanan sulit untuk dibersihkan dan bersifat lengket, coba rendam dulu peralatan masak atau alat makanmu, dengan campuran air dan sabun pencuci piring. Atau kalau mau yang alami, kamu bisa mencoba merendamnya dengan air lemon sekaligus juga cemplungin kulit-kulitnya. Wah, baunya pun jadi harum!

3. Kamu harus tahu urutan mencuci piring

Cuci terlebih dahulu peralatan makan yang berkontak langsung dengan mulut, seperti piring, sendok, gelas, pisau, dan wadah makanan. Baru selanjutnya giliran peralatan masak, seperti panci, wajan, peniris, dan sendok masak. Ini dilakukan sebab sisa makanan yang terdapat di peralatan makan itu relatif lebih sedikit dan mudah dibersihkan. Dengan urutan ini, spons cucimu menjadi lebih bersih. Sehingga akan lebih mudah dan cepat ketika selanjutnya membersihkan peralatan masak dengan kotoran dan minyak berlebih. Tentunya, nggak mau kan semua peralatan makanmu malah menjadi licin-licin berminyak dan susah dibersihkan gegara salah mencuci piring? So, mulai sekarang pastikan urutannya benar.

4. Selesai mencuci, keringkan dahulu peralatan makan

Setelah memastikan bahwa semua peralatan makan kamu sudah bersih, jangan lupa keringkan dengan kain bersih sebelum disimpan, ya. Meniriskan alat makan basah begitu saja hingga kering berpotensi akan dihinggapi kotoran atau kuman yang banyak terdapat di udara. Apalagi dapur adalah tempat yang cukup lembab, yang mana kuman lebih cepat tumbuh dan berkembang biak. Keep in mind, ya!

5. Bersihkan spons yang sudah dipakai


Langkah terakhir yang penting dari ritual cuci mencuci nih, yang ternyata banyak dilewatkan begitu saja. Spons yang kamu pakai itu fungsinya mengubah air sabun hingga berbusa dan kemudian digunakan untuk mengusap sisa makanan dari alat makan. Kebayang kan bagaimana kotoran itu mengumpul. Maka dari itu, cucilah spons setiap selesai dipakai, bilas dan cuci lagi lalu keringkan. Lebih baik lagi kalau kamu mensterilkannya dengan air panas secara berkala. Yah, tapi bagaimana dong kalau habis dicuci masih saja kotor? Mungkin sudah saatnya kamu harus ganti spons. Gantilah spons kamu minimal sebulan sekali, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/5-cara-mencuci-piring-yang-benar-dan-bersih/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mencuci Piring Yang Benar dan Bersih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel