Cara Aman Panaskan Makanan Sisa


Bicara soal memanaskan, microwave selalu jadi andalan karena cepat dan praktis. Namun, tidak semua makanan sisa akan enak jika dihangatkan dengan microwave, lho. Yuk, cek cara-cara menghangatkan di bawah ini agar makanan sisa tetap enak dan aman dimakan!

1. Panaskan dengan oven/pemanggang

Makanan apa yang dimasak dengan oven? Tentunya cake, roti, daging panggang, dan pizza. Prinsip dasar memanaskan adalah panaskan makanan sesuai cara awal memasaknya. Nah, oven atau pemanggang biasanya membuat tekstur makanan jadi kering. Oleh karena itu gunakan temperatur rendah untuk memanaskan, yaitu sekitar 175 derajat Celcius. Khusus daging panggang, pakai suhu tersebut dengan waktu 20 menit sedangkan makanan lain cukup 10-15 menit saja.

Memanaskan gorengan dengan oven? Sah-sah saja. Apalagi kalau anda ingin mengembalikan kulit gorengan yang renyah. Panggang dengan suhu tadi selama 15-20 menit, tergantung pada besar gorengan. Pakailah alumunium foil untuk menutupi wadah agar isi gorengan tidak terlalu kering.

2. Panaskan dengan microwave


Ada banyak makanan yang bisa dibuat dengan microwave seperti resep-resep praktis dan simple ini. Namun pada dasarnya, microwave memang didesain untuk memanggang dan memanaskan makanan. Panaskan makanan-makanan yang tak berkulit kering dan renyah seperti kentang goreng, nasi, pasta, dan mie. Gunakan juga untuk memanaskan sup, semur, gulai, dan tumisan dalam porsi kecil.

Setiap memanaskan dengan microwave, gunakan wadah yang microwave safe, seperti Calista Otaru Smokey yang tahan panas, atau pakai plastik dengan ketentuan berikut. Untuk nasi, pasta, dan mie, gunakan kain bersih yang sudah dibasahi untuk menutup wadah supaya saat dipanaskan, makanan tersebut bisa lembab lagi. Tapi pastikan kainnya tak menyentuh makanan, ya.

Oiya, jangan campurkan berbagai makanan dalam satu wadah ketika dipanaskan. Aroma dan rasa makanan dapat saling bercampur baur. Tak enak, kan?

3. Panaskan dengan kompor

Nah memanaskan cara ini tentunya untuk masakan yang dibuat dengan kompor seperti sup, tumisan, semur, gulai, dan kukusan. Gorengan sisa tidak disarankan untuk digoreng kembali karena akan menambah serapan minyak dalam gorengan. Dalam kata lain, gorengan anda akan banjir minyak nantinya. Inti dari memanaskan dengan kompor adalah gunakan api sedang dan aduk masakan sesekali agar panasnya merata.

  • Gunakan panci dan wajan untuk memanaskan sup, gulai, semur, dan tumisan. Dengan begitu, tekstur dari masakan berkuah dan basah akan kembali seperti sedia kala. Khusus untuk tumisan, gunakan api kecil saja. Oh ya, boleh tambahkan air sedikit demi sedikit jika kuahnya habis.
  • Untuk memanaskan daging seperti steak, pakai wajan yang sudah dituang sedikit minyak. Panaskan daging dengan api tinggi, sambil membalik daging tiap 5 menit per sisi agar hangatnya merata.
  • Pasta, mie, dan nasi juga bisa dipanaskan dengan wajan, lho. Caranya, beri cairan seperti mentega, minyak, atau air secukupnya agar bahan-bahan tersebut kembali lembab. Panaskan dengan api sedang dan tutup dengan tutup panci. Untuk cara selengkapnya, bisa dicek di sini.
  • Pizza dipanaskan dengan wajan? Bisa juga! Kalau ada satu atau dua slice pizza sisa, panaskan saja di atas wajan teflon dengan api sedang. Jangan lupa tutup dengan tutup panci dan tunggu hingga 10 menit.
  • Gunakan panci dandang untuk menghangatkan kukusan seperti dimsum.



Sumber:https://resepkoki.id/cara-aman-panaskan-makanan-sisa/

Belum ada Komentar untuk "Cara Aman Panaskan Makanan Sisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel