6 Cara Membuat Kue Lumpur Lembut Dan Legit


kita pastinya ingin tekstur kue lumpur yang lembut dan legit, kan. Ada beberapa trik yang berhasil saya pelajari dari beberapa percobaan kue lumpur di dapur, nih. Simak terus yang satu ini!

1. Tumbuk bahan yang perlu direbus (umbi) saat masak panas

Seperti yang saya bilang di atas, kue lumpur bisa dibuat dengan aneka bahan mulai dari kentang, ubi, tape, labu kuning, hingga versi pakai terigu atau tepung beras pun ada. Jika anda pilih bahan umbi seperti kentang, ubi, atau labu kuning, rebus atau kukuslah dulu agar teksturnya lunak. Supaya cepat halus, tumbuk bahan yang sudah direbus tersebut selagi panas, ya. Kalau sudah terlanjur dingin, bahan tersebut akan kembali keras.

2. Tambahkan pandan pada santan

Pandan punya aroma wangi yang khas. Kalau ingin kue lumpur beraroma wangi, tambahkan pandan pada santan ketika direbus. Caranya, ikat simpul pandan lalu masukkan dalam santan. Panaskan santan dengan api kecil hingga mendidih, lalu matikan dan dinginkan dalam suhu ruang. Setelah itu, santan bisa dicampurkan dalam adonan kue lumpur sesuai resep. Oh ya, biasanya bahan lain seperti garam, gula, dan vanili juga dimasukkan saat merebus santan. Tujuannya supaya bahan-bahan tersebut larut dan tak menggumpal saat dimasukkan ke adonan.

3. Ayak tepung sebelum dicampurkan ke adonan

Sebagian besar resep kue memerlukan tepung yang diayak, termasuk kue lumpur. Mengayak tepung itu bisa membuat adonan jadi lebih ringan, lho. Selain itu, tepung akan lebih mudah diaduk dan tercampur dengan bahan-bahan lain.

4. Tambah keju pada adonan supaya legit

Keju, terutama cheddar, memiliki aroma khas dan rasa yang sedikit asin. Selain itu, keju ternyata bisa membuat tekstur kue lumpur lebih legit setelah dipanggang. Parut keju jenis apapun, lalu masukkan dalam adonan kue lumpur. Aduk secara merata hingga kejunya tercampur dalam adonan. Eh kalau anda pakai jenis keju yang cenderung asin, jangan lupa untuk cek rasa dulu, ya. Seimbangkan dengan takaran garam, gula, dan bumbu lain agar kue lumpur terasa gurih-manis sesuai harapan.

5. Panaskan cetakan sebelum dituang adonan


Prinsipnya sama seperti oven, yakni cetakan harus panas sebelum dituang adonan. Dengan begitu, adonan akan lebih cepat masaknya dan lekas terpanggang. Kalau menunggu perubahan suhu cetakan dari dingin ke panas, kue lumpur tidak akan matang sempurna. Jangan lupa oleskan cetakan dengan minyak, mentega, atau margarin supaya adonannya tidak lengket.

Untuk cetakan kue lumpur, anda bisa memanfaatkan cetakan martabak mini seperti Kiwi Cetakan Martabak Mini 7 Lubang. Cetakan ini terlapisi bahan anti lengket, sehingga kue lumpur akan tetap terlihat cantik hasilnya.

6. Panggang kue lumpur dengan api kecil


Kue lumpur tidak dimasak seperti takoyaki atau poffertjes yang perlu dibolak-balik agar matang merata. Oleh karena itu, kita perlu pakai api kecil (sekecil lilin kalau bisa) untuk memanggang kue lumpur hingga matang. Prosesnya memang lama, tapi dijamin kue lumpur tidak akan gosong dan berkerak bagian bawahnya. Jadi setelah adonan di tuang di atas cetakan, beri topping pada adonan lalu tutup loyang panggangan hingga matang.

Sumber:https://resepkoki.id/6-tips-membuat-kue-lumpur-lembut-legit/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Membuat Kue Lumpur Lembut Dan Legit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel