6 Cara Membuat Tahu Sendiri Ala Rumahan atau Homemade


Agar lebih tenang dan aman, saya pun memutuskan untuk membuat tahu sendiri di rumah. Berikut tipsnya saya bagikan untuk anda.

1. Siapkan alat dan bahan

Untuk membuat tahu sendiri di rumah, anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat. Bahan yang pertama tentu saja kacang kedelai. Lalu anda juga membutuhkan cuka salad atau air perasan lemon, air, blender, plastik mika, baskom, pisau, kain tipis, saringan, dan juga wadah/loyang untuk mencetak tahu. Pastikan semua alat dan bahan dalam keadaan bersih ya agar nantinya tahu yang anda buat lebih higienis.

2. Rendam kacang kedelai

Sebelum diolah, ada baiknya anda merendam kacang kedelai dalam air hangat terlebih dahulu sampai kacang mengembang dan memutih. Hal tersebut bertujuan agar tekstur kacang kedelai lebih lunak dan mudah diolah. Untuk hasil terbaik, rendam kacang kedelai selama kurang lebih 12 jam atau seharian penuh.

3. Haluskan kacang kedelai



Setelah 12 jam, buang air rendaman kacang kedelai, lalu cuci kacang kedelai sampai benar-benar bersih. Masukkan kacang kedelai tadi ke dalam blender/ food processor dan tambahkan air bersih yang baru. Usahakan agar takaran air dua kali lipat dibanding  kedelai. Pastikan kacang kedelai tadi benar-benar halus.

Maka dari itu, gunakan Cosmos Food Processor FP-300 untuk menghaluskan kacang dengan lebih mudah dan cepat. Mata pisaunya mampu menggiling kacang dan biji-bijian hingga halus dengan sekejap. Anda pun bisa hemat waktu maupun tenaga.

4. Saring sari kedelai

Jika kacang kedelai sudah benar-benar halus, saring ke dalam wadah sedikit demi sedikit sampai tidak ada air kedelai yang tersisa. Penyaringan dilakukan agar nantinya hasil tahu yang anda buat lebih lembut, juga memisahkan kotoran dari kacang kedelai agar tidak ikut terbawa.

5. Masak sari kedelai

Langkah selanjutnya, rebus sari kacang kedelai tadi sampai mendidih, lalu matikan api. Tunggu sampai uap panasnya menghilang, lalu tambahkan cuka salad. Jika anda kesulitan mencari cuka salad, anda juga bisa kok menggantinya dengan air perasan jeruk lemon. Aduk sampai rata.

6. Cetak adonan tahu


Terakhir, jika adonan tahu sudah mulai menggumpal, anda bisa menuang dan mencetaknya di wadah/loyang yang sudah dilapisi kain tipis. Ratakan adonan tahu lalu tutup lagi dengan kain. Tunggu sekitar 40 menit sampai adonan tahu benar-benar mengeras dan bisa anda potong menjadi lebih kecil.

Sumber:https://resepkoki.id/6-tips-membuat-tahu-sendiri-ala-rumahan-atau-homemade/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Membuat Tahu Sendiri Ala Rumahan atau Homemade"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel