Mari Mengenal, Memilih, dan Mengolah Lobak


Manfaatnya pun luar biasa yaitu seperti mengurangi gejala demam hingga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Sayangnya, di Indonesia lobak kurang begitu disukai karena aroma yang langu dan menyengat serta rasanya yang agak pahit. Padahal jika anda tahu cara memilih dan mengolahnya dengan benar, lobak bisa bercitarasa renyah dan menyegarkan lho. Yuk simak

1. Pilih lobak yang segar dan masih muda

Saat membeli lobak, anda pasti ingin mendapatkan yang rasanya manis dan enak. Jika anda bingung bagaimana menentukan rasa lobak, maka anda bisa memilih lobak yang masih muda. Karena semakin tua lobak, biasanya rasanya akan semakin pahit. Pastikan juga pilih lobak yang masih segar dengan ciri daunnya yang tidak layu dan warna buahnya yang putih terang dan mulus tanpa cacat ataupun benyek.

2. Cuci lobak sampai benar-benar bersih

Lobak termasuk ke dalam tanaman umbi yang buahnya tertanam di tanah. Karena itulah, penting sekali bagi anda membersihkan lobak sampai benar-benar bersih agar nantinya tanah tersebut tidak ikut masuk ke dalam masakan anda. Pastikan anda mencuci lobak anda di air mengalir agar sisa tanah tidak terbawa kembali pada lobak.

3. Perhatikan cara memotong dan mengupas lobak

Setelah lobak bersih, buang bagian pangkal lobak karena rasanya sangat pahit. Setelah itu, potong lobak menjadi beberapa bagian agar lebih mudah mengupas kulitnya. Pastikan untuk mengupas seluruh kulit lobak agar rasa pahitnya tidak tertinggal.

4. Rendam lobak dengan air garam

Meskipun anda sudah memilih lobak yang masih muda dan manis, tapi kadang masih ada saja rasa pahit yang tertinggal dalam lobak. Untuk mengurangi rasa pahit tersebut, anda bisa merendam lobak yang sudah diiris tipis dengan menggunakan air garam. Remas lobak sebentar lalu diamkan selama kurang lebih tiga jam sebelum diolah.

5. Masak lobak dengan bumbu yang kuat


Agar rasa pahit dari lobak lebih tersamarkan lagi, sebaiknya anda mengolah lobak dengan menggunakan bumbu yang kuat dan pekat. Anda bisa mengolah lobak menjadi tumisan, sup, soto, atau acar seperti kimchi ala Korea.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-memilih-dan-mengolah-lobak/

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal, Memilih, dan Mengolah Lobak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel