Apa Bedanya Tauco Dengan Tausi


1. Tauco

Tauco merupakan bumbu yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai, aneka rempah, dan juga garam. Karena itulah tauco memiliki rasa yang asin dan menyegarkan serta aroma khas yang kuat. Warna dari tauco kecokelatan dengan cairan yang kental. Biasanya, tauco dijual dalam kemasan botol, dengan cairan kental berwarna cokelat muda dan butiran kacang kedelainya masih utuh.

Di pasaran, terdapat dua jenis tauco, yaitu tauco asin dan tauco manis, yang membedakan di antara keduanya adalah jumlah gula dalam pembuatannya. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan tauco basah yang lebih encer atau tauco kering yang lebih padat seperti pasta kering.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis tauco yang bisa anda jumpai. Di antaranya tauco Medan, tauco Cianjur, tauco Pekalongan, dan lain-lain. Masing-masing dari tauco tersebut tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Nah, perlu anda ketahui, rasa tauco ini dominan asin dan tajam. Jika sudah menggunakan tauco ke dalam masakan, anda harus perhatikan takaran garam yang akan ditambahkan pada masakan.

Tauco paling sering digunakan untuk memasak aneka makanan oriental. Namun meski begitu, banyak juga masakan lokal yang menggunakan tauco sebagai salah satu bumbunya yaitu tauto atau sebutan untuk soto khas Pekalongan, soto Tegal, cah kangkung, tempe masak tauco, sambal tauco, dan juga seafood bumbu tauco.

2. Tausi


Tausi juga merupakan bumbu yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Hanya saja kacang kedelai yang digunakan adalah kacang kedelai hitam, sehingga warnanya pun hitam gelap. Jika anda tak terlalu menyukai rasa dan aroma yang pekat pada tauco, maka tausi ini bisa anda jadikan sebagai alternatif, karena tausi memiliki rasa yang jauh lebih ringan dibandingkan tauco. Aromanya pun tak terlalu menyegat. Anda bisa mengolah tausi menjadi ayam masak tausi, ikan gurame masak tausi, tahu tausi, kakap tahu, tausi, sampai ceker dimsum.

Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-tauco-vs-tausi/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Tauco Dengan Tausi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel