Cara Membuat Shiny Crust Brownies Panggang


Brownies cukup mudah dibuat di rumah, bahkan untuk pemula di dunia baking seperti saya. Baru-baru ini saya berhasil naik level dalam membuat brownies, yakni dengan memunculkan shiny crust. Jadi, selain renyah dan mudah retak, permukaan atas brownies juga jadi terlihat mengkilat. Wah, pastinya brownies akan semakin cantik dan menggiurkan, ya? Nah daripada penasaran, langsung scroll ke bawah untuk tahu rahasianya!

1. Pastikan gulanya larut dalam adonan

Salah satu bahan utama membuat brownies adalah gula. Nantinya, gula ini akan dikocok dengan telur hingga terbentuk adonan berwarna pucat dan mengembang. Nah, proses mengaduk gula dan telur ini ternyata mempengaruhi terbentuknya crust saat dipanggang, lho. Crust adalah hasil karamelisasi adonan yang terbentuk di permukaan kue akibat suhu tinggi pemanggangan.

Untuk bisa terkaramelisasi, gula harus tercampur sempurna dengan telur (dalam adonan brownies). Nah untuk pilihan gulanya, anda bisa pakai gula pasir atau gula kastor. Sebaiknya tidak memakai gula halus karena meskipun mudah bercampur dalam adonan, karakternya berbeda dengan gula pasir dan kemungkinan memunculkan shiny crust cenderung kecil.

2. Panggang dua kali dengan suhu berbeda


Cara memanggang yang tepat juga bisa memunculkan shiny crust. Kuncinya, gunakan oven yang memiliki api atas dan bawah. Jenis oven yang mudah di-setting apinya adalah oven gas dan oven listrik, seperti KIRIN Oven Listrik KBO-90M. Oven listrik ini memiliki elemen pemanas di bagian atas dan bawah yang pas untuk mengeluarkan shiny crust pada brownies. Namun jika tak punya, pakai oven tangkring (otang) juga bisa asal harus rajin memantau browniesnya saat dipanggang serta suhu pada termometer oven.

Panggang adonan brownies sebanyak dua kali dengan suhu berbeda. Panggang sesi pertama bertujuan untuk memunculkan shiny crust-nya. Oleh karena itu, set oven dengan suhu tinggi selama kurang lebih 15-25 menit. Selanjutnya, panggang sesi kedua adalah untuk mematangkan tekstur cake-nya. Turunkan suhu oven dan panggang lagi selama 15-20 menit.

Jadi misalnya panggang sesi pertama pakai suhu 200°C selama 20 menit dengan api atas-bawah. Letakkan loyang brownies di rak atas supaya mudah terpapar api atas. Setelah 20 menit, keluarkan loyang dan pindahkan ke rak tengah atau bawah. Set suhu lebih rendah, misalnya 175°C, dan panggang selama 15-20 menit (untuk tekstur fudgy). Kalau mau tekstur yang lebih kering (cakey), bisa panggang melebihi waktu tersebut.


FYI, cara ini bergantung pada jenis oven dan kemampuannya dalam memanggang, ya. Jadi sebelum mulai membuat brownies, anda harus memahami karakter oven anda dulu.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-shiny-crust-brownies/

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Shiny Crust Brownies Panggang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel