5 Manfaat Aluminium Foil di Dapur


aluminium foil ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, lho. Berhubung di rumah, Ibu saya menyetok banyak aluminium foil, saya pun penasaran tentang kegunaan material ini. Adakah manfaat lain dari sekedar pembungkus? Check this out!

1. Pengganti kawat besi untuk cuci wajan & panci

Kawat besi untuk cuci peralatan masak sudah rusak? Tak perlu buru-buru ke supermarket, karena anda bisa manfaatkan aluminium foil untuk membersihkan noda dan kerak. Caranya, kepalkan aluminium foil hingga berbentuk bulat. Pastikan anda membuat bulatan aluminiumnya cukup padat, ya. Setelah itu, gosokkan pada noda dan karat wajan-panci. Gosok agak keras sehingga noda dan karat lekas terangkat.

2. Bersihkan oven dari noda

Kadang kita malas membersihkan sisa-sisa panggangan yang menempel atau jatuh di dasar oven. Padahal jika dibiarkan, hal ini bisa mempengaruhi kualitas masakan dan alat pemanggang itu sendiri, lho. Setelah memanggang dan ovennya kembali dingin, coba kepalkan aluminium foil hingga membentuk bola dan gosok permukaan oven yang bernoda. Dijamin, noda bisa hilang tanpa menggores permukaan oven. Setelah itu, oven bisa dicuci dengan sabun cuci piring hingga bersih.

3. Membuat gunting kembali tajam

Konon, aluminium foil juga bisa menajamkan gunting yang sudah tumpul. Caranya, lipat aluminium foil beberapa kali, lalu potong lipatan tersebut dengan gunting tumpul. Lakukan berkali-kali dan gunting akan kembali tajam. Saya sendiri belum pernah melakukannya, tapi tak ada salahnya untuk dicoba, kan?

4. Membungkus makanan supaya awet

Banyak orang menyarankan untuk menyimpan makanan dalam wadah kedap udara dan kering. Cara ini dipercaya dapat mengawetkan makanan dalam waktu lama. Tapi kalau tak punya wadah kedap, pakai saja aluminium foil untuk membungkus makanan padat, bertekstur kering, dan porsinya satuan seperti roti, sandwich, daging steak, pizza, dan sebagainya. Bungkus makanan tersebut dengan aluminium foil dan simpan dalam kulkas.

5. Mematangkan bahan makanan ‘lain’


Selain baked potato, banyak bahan makanan yang bisa dimatangkan dengan bantuan aluminium foil, entah bahan mentah atau makanan sisa. Poin plusnya, bahan makanan yang sudah matang pun akan tetap hangat untuk beberapa lama, misalnya jagung bakar. Selain memasak bahan mentah, aluminium foil juga bisa dipakai untuk mematangkan buah alpukat dan menghaluskan brown sugar, lho. Cara untuk keduanya hampir sama, yakni bungkus alpukat mentah atau brown sugar dengan aluminium foil lalu bakar di atas api kompor.

Sumber:https://resepkoki.id/manfaat-aluminium-foil-dapur/

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Aluminium Foil di Dapur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel