Cara Menyimpan Santan Agar Awet


Cara menyimpannya agar tetap segar? Check this out!

Menyimpan santan segar

Hasil masakan pastinya lebih mantap kalau pakai bahan segar, ya. Namun kesegaran juga ada batasnya, nih, apalagi kalau tidak disimpan dengan tepat. Kualitas santan segar terbaik bisa dirasakan kalau langsung dimasak setelah dibeli. Nah kalau tak lekas dimasak, masukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Santan segar bisa tahan di lemari pendingin selama 3-4 hari. Caranya, masukkan santan ke dalam wadah kedap udara dan kering, lalu simpan dalam kulkas.

Kalau mau tahan sebulan, simpanlah dalam freezer. Sebelumnya, panaskan santan segar dan taburi sedikit garam. Tunggu hingga meletup-letup lalu dinginkan setelahnya. Ingat, jangan aduk santan selama proses pendinginan.  Sebab, bakteri di udara akan langsung merusak santan. Nah setelah dingin (suhu ruang), tuang santan dalam wadah kedap udara dan kering. Beri label tanggal pada wadah dan masukkan dalam freezer. Oh ya, santan juga bisa dimasukkan ke kantung plastik kecil, lho. Jadi kalau sewaktu-waktu harus pakai, wadah santan tidak perlu dibuka-tutup agar tak cepat basi.

Santan pastinya akan membeku dalam freezer. Jadi kalau ingin digunakan, pindah dulu ke bagian lemari pendingin atau chiller selama 24 jam. Jangan buka wadah penyimpanannya, ya, karena santan bisa terkontaminasi suhu dan udara kulkas. Lebih lagi, santan dapat menyerap bau jika diletakkan dekat makanan beraroma seperti bawang putih. Tentunya anda tak mau masak santan rasa bawang putih, kan?

Menyimpan santan kemasan


Santan kemasan lebih tahan daripada santan segar. Namun kualitasnya memang tak sebaik santan segar karena sudah melalui proses pabrik. Nah, santan kemasan yang masih tersegel aman disimpan dalam suhu ruang. Santan ini tahan sampai batas tanggal kadaluarsa. Kalau sudah dibuka, lekas pindahkan ke wadah kedap udara atau plastik, lalu simpan dalam kulkas. Segera habiskan santan ini sebelum 2 minggu.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-menyimpan-santan-agar-awet/

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyimpan Santan Agar Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel