Tips Belanja Frozen Food Di Pasar Tradisional Ataupun Pasar Modern


Frozen food pun mudah ditemukan di pasaran. Tak harus ke supermarket, kita bisa membelinya di pasar tradisional atau modern terdekat. Bahkan tak jarang harganya lebih murah dari yang dijual di supermarket. Namun, kita tetap harus hati-hati dengan harga murah, ya. Bisa jadi frozen food-nya sudah dekat kadaluarsa atau lama dibiarkan dalam ruang terbuka. Namun tak perlu khawatir, cek tips berikut agar belanja frozen food di pasar lebih aman dan nyaman.

1. Pilih eceran atau dalam kemasan?

Umumnya, ada dua cara penjualan frozen food di pasar yaitu eceran/curah dan dalam kemasan. Bicara soal kualitas, tentu frozen food dalam kemasan lebih terjamin, ya. Selain itu, frozen food dalam kemasan pastinya punya standar pengolahan yang lebih baik.

2. Periksa kemasan frozen food.

Meskipun dikemas, jangan lupa perhatikan bentuk kemasannya. Periksa secara detail kalau ada bocor dan bagian cacat di plastik kemasnya. Hindari kemasan yang menggembung karena tandanya frozen food tidak dikemas dengan baik. Menggembung disebabkan oleh banyaknya oksigen yang masuk dalam kemasan. Bahkan, juga memungkinkan adanya bakteri di udara yang ikut masuk.

3. Periksa tanggal kadaluarsa di kemasan.

Selain bentuk, perhatikan tanggal kadalursa yang tertera pada kemasan. Hindari kemasan yang tak memiliki tanggal kadaluarsa karena kita tak akan tahu sejak kapan frozen food tersebut dijual. Pilih tanggal kadaluarsa yang cukup jauh dari tanggal beli, ya.

4. Apakah frozen food dalam kondisi beku?

Dari semua poin di atas, hal paling penting adalah dijual dalam kondisi beku. Apakah penjual di pasar meletakkannya dalam freezer? Atau dalam ice box yang diberi es batu? Frozen food perlu disimpan dalam wadah beku agar tahan lama. Jika terlalu sering mengalami proses thawing (mencairkan bahan beku), kualitas frozen food akan semakin turun.


Tidak sulit, kan? Frozen food memang tergolong makanan cepat saji. Tapi dengan memilih lebih cermat, kita bisa terhindar dari risiko yang mengganggu kesehatan.

Sumber:https://resepkoki.id/tips-belanja-frozen-food-di-pasar-tradisionalmodern/

Belum ada Komentar untuk "Tips Belanja Frozen Food Di Pasar Tradisional Ataupun Pasar Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel