3 Alternatif Cara untuk Menjaga Tauge Tetap Segar & Tahan Lama

Tauge adalah salah satu sayuran yang paling saya sukai. Bahkan saya sering membelinya langsung dalam jumlah banyak saat belanja ke pasar. Niatnya sih untuk jadi persediaan. Tapi ternyata, tauge tidak dapat disimpan dan harus langsung dimasak. Alhasil, banyak tauge yang terbuang karena tidak termakan.

Usut punya usut, tauge memang dikenal sebagai sayuran yang cepat layu. Habis dibeli, sebaiknya langsung dimasak. Namun, kalau memang beli kebanyakan dan ada sisa, sebenarnya ada cara yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang kesegaran tauge. Setidaknya untuk 4-5 hari ke depan.

Sebelum disimpan, penting untuk memisahkan tauge dari kotoran

Tauge mentah atau yang baru dibeli, biasanya masih memiliki lapisan kulit kacang hijau di kepalanya dan ekornya pun berwarna hitam. Kedua hal ini merupakan kotoran yang harus dibuang sebelum tauge disimpan. Supaya, tauge tetap segar. Bersihkan tauge dari kulit kacang di bawah air mengalir, sambil patahkan ekor hitamnya. Kemudian, tiriskan tauge yang sudah bersih tersebut.

Selain kulit kacang dan ekor hitam, tauge yang sudah lembek dan tidak segar juga wajib dipisahkan serta dibuang, supaya tidak mempercepat pembusukan tauge segar lainnya.

Ada 3 alternatif cara untuk menyimpan tauge agar tetap segar di dalam kulkas:

1. Masukkan ke wadah berisi tisu dapur dan tutup rapat

Kunci dari menjaga kesegaran tauge adalah membiarkannya tetap lembab. Untuk menyimpannya, siapkan 1 wadah yang punya tutup rapat. Alasi wadah tersebut dengan kitchen towel atau tisu dapur. Tisu ini akan menjaga tauge supaya lembab dengan pas, tidak berlebihan. Selanjutnya, masukkan tauge yang sudah bersih ke dalam wadah, tutup dengan rapat, dan simpan ke dalam kulkas. Cara ini dapat membuat tauge tahan hingga 1 minggu.

Tauge ini sebaiknya disimpan di kulkas bagian bawah, tempat khusus sayuran. Dan itupun harus di posisi paling depan karena merupakan bagian paling “hangat”. Kalau ditempatkan di bagian belakang atau atas, tauge rawan terkena dingin yang berlebihan dan bisa membusuk lebih cepat.

2. Masukkan ke plastik berisi air dan diikat rapat

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menyimpan tauge adalah memasukkan tauge ke dalam plastik bening berisi air. Anda bisa memasukkan semua tauge sekaligus ke dalam 1 plastik atau membaginya ke dalam beberapa plastik sesuai dengan porsi masak. Isi plastik tersebut dengan air bersih sampai seluruh tauge terendam. Kemudian, ikat plastik tersebut dengan rapat. Simpan plastik berisi tauge di kulkas  bagian bawah khusus sayuran. Cara ini akan menjaga kesegaran tauge selama 4-5 hari.

3. Rendam tauge di air bersama jeruk nipis dan simpan dalam wadah tertutup



Kesegaran jeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga tauge agar tetap segar saat disimpan. Caranya, siapkan sebuah wadah dengan penutup rapat, seperti Calista Otaru Smokey Wadah Makanan yang terbuat dari plastik BPA Free dan aman digunakan untuk suhu panas maupun dingin. Masukkan tauge ke dalam wadah dan tambahkan air bersih hingga tauge terendam. Kemudian, berikan 2-3 iris jeruk nipis ke dalam rendaman tersebut. Tutup wadah dengan rapat dan simpan tauge di dalam kulkas bagian bawah. Cara ini dapat membuat kesegaran tauge bertahan hingga 4 hari lamanya.

Sumber:https://resepkoki.id/3-untuk-menjaga-tauge-segar-tahan-lama/

Belum ada Komentar untuk "3 Alternatif Cara untuk Menjaga Tauge Tetap Segar & Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel