4 cara Membuat Kue Putu Bambu Nikmat (Tanpa Cetakan Bambu)


tanpa cetakan bambu kita tetap bisa membuat putu bambu yang cantik sekaligus nikmat. Penasaran bagaimana caranya? Simak tips berikut ini!

1. Pastikan tekstur adonan tepung berasnya lembab berpasir

Bahan utama putu bambu adalah tepung beras. Nantinya, tepung beras akan dikukus hingga lembab dan dicampurkan dengan air hangat. Oh ya selain air, anda bisa ganti dengan susu cair hangat agar lebih bercitarasa. Tuang air hangat sambil diaduk hingga bergerindil, lalu saring adonan tepung yang bergerindil ini hingga jadi butiran halus. Nah, tekstur yang tepat untuk adonan yang sudah disaring adalah lembab berpasir. Jika terlalu lembek, kue putu akan mudah runtuh dan cepat hancur saat dikeluarkan dari cetakan. Supaya konsistensinya pas, tuang bahan cair secara bertahap selama proses pengadukkan adonan.

2. Pakai cetakan agar atau puding yang tebal

Kalau diperhatikan, bentuk cetakan bambu milik penjaja kue putu punya diameter yang tebal. Alasannya supaya begitu dicetak, adonan putu bambu ini bisa kokoh dan memadat sempurna. Tentunya terlihat cantik ketika disajikan, ya? Namun jika tak ada cetakan seperti milik abang putu bambu, anda tetap bisa pakai cetakan agar, puding, atau loyang kue yang tebal untuk menggantikannya. Supaya hasilnya lebih padat dan kuenya mudah dikeluarkan, pakai cetakan alumunium atau silikon ya.

3. Jangan tekan-tekan adonan saat memasukkannya dalam cetakan

Setelah adonan tepung berasnya siap, masukkan adonan tepung beras ¼ tinggi cetakan lalu taburkan gula merah yang sudah dihaluskan secukupnya. Tutup lagi gula merah halus dengan adonan tepung beras hingga memenuhi cetakan. Nah, adonan tepung beras dan gula merah halus ini tak perlu ditekan-tekan hingga benar-benar memadati cetakan ya. Jika ditekan, adonan ini akan sangat menempel pada permukaan cetakan dan teksturnya lebih keras.

4. Pastikan panci kukusnya panas dan kukus dengan waktu cukup


Kunci supaya kue putu tidak bantat adalah panci kukus yang panas dan waktu pengukusan yang cukup. Sebelum adonannya masuk, didihkan air panci kukus hingga keluar banyak uap ketika dibuka tutupnya. Agar semakin beraroma, air mendidih bisa ditambahkan daun pandan. Selanjutnya, masukkan cetakan berisi adonan lalu kukus hingga matang. Kue putu yang dibuat dengan cetakan kecil kurang lebih 15-25 menit dengan api sedang cenderung kecil.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-membuat-kue-putu-bambu-nikmat-tanpa-cetakan-bambu/

Belum ada Komentar untuk "4 cara Membuat Kue Putu Bambu Nikmat (Tanpa Cetakan Bambu)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel