Apa Bedanya Wortel Impor Dengan Wortel Lokal


Yup, ada dua jenis wortel di Indonesia, yakni wortel lokal dan wortel impor. Meskipun sama-sama wortel, keduanya punya kenampakkan yang berbeda, lho. Saya adalah salah satu konsumen yang tergoda dengan wortel impor. Barangkali karena ada embel-embel “impor”, saya merasa kalau wortel tersebut punya kualitas lebih yang tak dimiliki wortel lokal. Namun setelah baca-baca, ternyata perbedaan kedua jenis wortel ini cukup diluar dugaan, lho. Jika anda masih bingung membedakan keduanya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Kenampakkan bentuk dan tekstur

Dari segi kenampakkan, membedakan wortel impor dan wortel lokal memang butuh ketelitian. Wortel impor memang identik dengan daging yang gemuk, sedangkan wortel lokal diameternya lebih kurus atau cenderung ramping. Dari segi warna, keduanya pun cukup berbeda dimana wortel impor terlihat berwarna jingga mencolok dan wortel lokal berwarna jingga cerah cenderung agak pucat. Untuk teksturnya, permukaan wortel impor memang lebih halus daripada wortel lokal dan tidak memiliki banyak rambut umbi.

Asal produksi dan harga

Sesuai namanya, wortel impor diproduksi dan didatangkan dari negara Tiongkok dan Australia. Sementara wortel lokal banyak berasal dari daerah dataran tinggi di indonesia seperti Dieng, Batu, Priangan, dan sebagainya. Untuk harga, kedua jenis wortel ini cukup bersaing. Wortel impor memang lebih unggul di pasaran karena lebih murah dan ukurannya lebih besar dari wortel lokal. Keduanya mudah ditemukan di mana-mana mulai dari pasar tradisional hingga supermarket besar.

Rasa dan jenis masakan olahannya

Jika dibandingkan soal rasa, wortel impor memang lebih manis dari wortel lokal. Namun soal pengolahan, keduanya bisa dibuat apapun seperti tumisan, campuran sup atau rebusan, isian kroket, telur gulung (egg roll), atau pastel, dibuat acar, dan sebagainya. Wortel bisa dipotong bulat, dadu, atau diiris tipis memanjang. Kalau teksturnya terlalu keras, wortel bisa direbus lebih dulu lalu dimasukkan dalam wadah berisi air es supaya pemasakkannya berhenti.


Perbedaan antara kedua jenis wortel ini cenderung pada penojolan karakter wortelnya. Misal anda ingin warna carrot cake yang lebih cantik, maka anda bisa pilih wortel impor yang warnanya memang lebih ngejreng. Atau anda ingin jus wortel yang lebih manis, maka pilihlah wortel impor yang memang dari segi rasa lebih manis. Namun apapun jenis wortel yang anda pilih, pastikan anda memilih kualitas yang terbaik.

Sumber:https://resepkoki.id/apa-bedanya-wortel-impor-vs-wortel-lokal/

Belum ada Komentar untuk "Apa Bedanya Wortel Impor Dengan Wortel Lokal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel