5 Fakta Thai Tea: Minuman Teh Populer Asli Thailand



Dibalik rasa dan penampilannya yang mempesona, thai tea punya fakta yang menarik, lho! Simak di bawah ini, ya.

1. Menggunakan Teh Asli Thailand

Di Thailand, sajian ini dikenal dengan nama “cha nom yen” atau “teh susu dingin”. Thai tea diseduh dari daun teh asli Thailand. Merek teh yang sering digunakan adalah chatramue/no.1 yang dicampur dengan susu kental manis, biasanya merek carnation. Salah satu yang membedakan teh Thailand dari teh lainnya adalah adanya komposisi kandungan C Yellow Number 6, sehingga teh Thailand akan mengeluarkan kandungan warna oranye.

2. Adanya Bahan Tambahan Agar Lebih Enak

Bahan tambahan utama pada thai tea adalah rempah. Rempah tersebut meliputi adas, biji asam bubuk, kapulaga, pewarna alami oranye dan kayu manis. Penambahan rempah bertujuan untuk menutupi aroma teh yang sangat kuat. Selain itu, pewarna alami C Yellow Number 6 digunakan untuk mengeluarkan warna oranye saat diseduh. Perpaduan seluruh bahan ini menciptakan rasa manis-gurih yang ringan pada thai tea.

3. Proses Penyeduhan Sempurna

Teh dan rempah harus diseduh minimal 5 menit sebelum disajikan. Bila ingin lebih pekat, bisa diseduh 7-8 menit. Tujuannya agar rasa dari teh dan rempah terekstrak dengan sempurna. Sehingga rasa dan aroma khasnya dapat dipertahankan.

4. Penyajian yang Unik

Uniknya, thai tea dingin disajikan dengan gelas plastik besar dan tinggi. Gelas tersebut diisi oleh es serut hingga penuh. Lalu, campuran teh dituang di atasnya. Penyajian unik ini ditutup dengan tambahan susu evaporasi.

5. Terdiri dari Banyak Varian

Sebenarnya varian asli thai tea hanya tiga, yaitu thai tea original (cha nom yen), black thai tea (cha yen), dan lime thai tea. Tapi seiring berkembangnya merk franchise thai tea, mereka menciptakan varian khas tersendiri. Contohnya green thai tea, milo thai tea, red rose, honey, dan lemonade thai tea.


Sumber:https://www.resepkoki.id/5-fakta-thai-tea/

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Thai Tea: Minuman Teh Populer Asli Thailand"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel