5 Tips Membuat Kepiting Saus Padang yang Menggugah Selera


Rasa pedas dan gurihnya membuat ketagihan dan membuat ingin terus nambah. Salah satu seafood yang paling saya suka dengan saus padang adalah adalah kepiting. Saya pun sering membuatnya sendiri di rumah. Cukup mudah dan praktis.

1. Siapkan kepiting dan goreng

Kepiting bakau paling cocok dijadikan ditambahkan saus padang karena rasanya yang manis dan tekstur daging yang lebih padat. Kepiting jenis ini juga cukup mudah didapat.

Pilihlah kepiting yang segar kemudian belah kepiting dan buang bagian pembuangannya yang berbentuk segitiga serta bagian insangnya. Lalu, cuci bersih kepiting dan goreng dengan sedikit minyak.

2. Tumis bawang bombay, jahe, bumbu halus dan cabai

Bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, dan cabai rawit dihaluskan, sementara cabai merah cukup diiris saja. Bawang bombay potong jadi irisan panjang, sedangkan jahe dimemarkan lalu dicincang kasar.

Tumis bawang bombay, jahe, dan tambahkan bumbu halus dengan sedikit minyak hingga matang dan harum.

3. Masukkan saus dan kecap

Kalau aroma tumisan bumbu sudah harum, saatnya anda tambahkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap manis dan kecap inggris. Aduk rata hingga saus, kecap, dan bumbu menyatu rata.

Penambahan aneka saus dan kecap ini membuat rasa saus padang lebih kaya dan memberikan tekstur yang kental.

4. Tambahkan gula, garam, dan lada

Tambahkan gula, garam, dan lada agar citarasanya semakin enak dan gurih. Aduk bumbu lalu koreksi rasa.

Citarasa ini sudah sangat kaya dan gurih jadi anda tidak perlu menambahkan bumbu kaldu atau penyedap rasa lagi.

5. Masukkan kepiting dan sajikan

Bumbu saus padang sudah siap, saatnya masukkan kepiting dan aduk rata. Tunggu saus mengental dan meresap ke dalam kepiting. Jika sudah, taburi daun bawang dan kepiring saus padang pun siap disajikan.


Sepiring nasi putih hangat dan cah kangkung rasanya cukup untuk menemani kepiting saus padang. Tapi jika anda penggemar pedas, jangan lupa tambahkan irisan cabai rawit agar lebih pedas dan segar.

Sumber:https://www.resepkoki.id/5-cara-membuat-kepiting-saus-padang-lezat/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Membuat Kepiting Saus Padang yang Menggugah Selera"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel