5 Tips Membuat Ayam Bakar Kecap Legit dan Empuk


Ayam bakar adalah menu yang cukup mudah didapat. Mulai dari restoran hingga warung kaki lima pun menjajakannya. Variasi ayam bakar juga ada banyak sekali. Namun yang paling identik adalah ayam bakar dengan bumbu kecap. Sajian ini juga tidak sulit untuk dibuat di dapur anda sendiri, lho.

1. Siapkan ayam dan air kelapa

Jenis ayam yang paling pas untuk ayam bakar kecap adalah ayam kampung karena memiliki citarasa yang lebih gurih dan enak. Tapi kalau menggunakan ayam negeri pun tidak jadi masalah. Potong ayam menjadi 4 bagian, yaitu 2 bagian dada dan 2 bagian paha atau sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Air kelapa digunakan untuk mengungkep ayam bersama bumbu agar empuk dan bercitarasa manis sekaligus gurih. Pilih air kelapa dari kelapa yang berumur tua. Sebisa mungkin jangan ganti air kelapa dengan air biasa. Sebab citarasa yang dihasilkan pun akan berbeda jauh.

2. Haluskan semua bumbu dan tumis hingga harum

Bumbu dasar yang dibutuhkan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam, dan kaldu bubuk. Bumbu-bumbu ini dihaluskan dengan blender atau ulek. Kemudian tumis hingga harum bersama dengan serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan, serta daun salam.

3. Masukkan ayam

Setelah bumbu ditumis dan aroma harum sudah keluar, masukkan ayam kedalam panci. Lalu aduk ayam hingga bumbu tercampur rata dengan ayam.

4. Tambahkan air asam jawa, kecap, gula, dan air kelapa

Saat ayam dan bumbu halus sudah tercampur rata, masukkan air asam jawa, kecap, gula dan air kelapa. Gunakan api kecil saat merebus ayam agar bumbu meresap hingga ke tulang dan tunggu air hingga menyusut.

5. Bakar ayam

Proses membakar ayam di atas api langsung atau dengan arang akan menghasilkan citarasa yang sangat khas dan sedap. Namun bila tak ada, membakar di atas kompor dengan wajan anti lengket pun tidak masalah.


Ayam dibakar hingga kecoklatan di kedua sisinya. Sambil sesekali dioles dengan sisa kuah ungkepan ayam. Kalau sudah matang, angkat ayam dan sajikan.

Sumber:https://www.resepkoki.id/5-cara-membuat-ayam-bakar-kecap-lezat/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Membuat Ayam Bakar Kecap Legit dan Empuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel