7 Cara Membuat Hotang yang Enak, Renyah, dan Matang Merata


Hotang ini sudah banyak sekali yang jual. Namun, kita tidak bisa tahu kualitas sosis dan french fries yang digunakan oleh penjualnya. Jadi, supaya lebih higienis dan sehat, bikin hotang sendiri saja, yuk!

1. Pastikan sosis tidak dalam keadaan beku

Sosis yang dipakai untuk membuat hotang tidak boleh dalam keadaan beku. Selain akan susah untuk ditusuk, sosis juga tidak dapat matang sempurna saat digoreng nanti.

Oleh karena itu, kalau sosis yang anda pakai masih beku, cairkan terlebih dulu dengan cara direndam dalam air panas atau bisa juga dengan direbus. Setelah melunak, keringkan sosis dengan tisu dapur dan tusuk dengan tusukan sate.

2. Potong french fries secara dadu 1×1 cm

Kentang yang digunakan sebagai ‘kulit’ dari hotang ini berasal dari french fries siap goreng. Supaya hotang terlihat cantik bentuknya dan seperti berduri saat matang nanti, potong-potonglah french fries secara dadu dengan ukuran 1×1 cm. Kemudian, taruh dan sisihkan pada piring lebar serta kering.

3. Aduk semua bahan pencelup hingga kental dan lengket

Bahan pencelup untuk hotang ini sangat mudah sekali didapat, yaitu tepung bumbu serbaguna, tepung terigu, tepung maizena, dan air matang. Seluruh bahan dicampur jadi satu, kemudian aduk-aduk perlahan hingga kental dan lengket saat disentuh.

4. Gunakan gelas plastik berukuran tinggi sebagai wadah pencelup


Bahan pencelup kemudian dimasukkan ke dalam gelas plastik berukuran tinggi, yang volumenya sekitar 400-500ml, seperti Lion Star Lola Cup. Bervolume 530ml, sangat pas untuk menjadi wadah pencelup hotang.

Penggunaan gelas plastik yang tinggi ini akan memudahkan anda dalam mencelupkan dan mengangkat sate sosis. Selain itu, bahan pencelup juga akan melapisi sosis secara lebih merata dan dengan ketebalan yang pas.

5. Celupkan sate sosis satu per satu

Untuk mendapatkan hotang yang cantik dan memiliki ketebalan kulit yang sama, jangan celupkan beberapa sate sosis secara sekaligus. Celupkan sate sosis satu per satu ke dalam wadah pencelup.

Anda tidak perlu mencelupkan secara terus menerus seperti mencelupkan teh. Cukup sekali saja. Baru kalau dirasa ketebalannya kurang sesuai selera, celupkan sate sosis sekali lagi.

6. Pastikan french fries menutupi seluruh sosis

Setelah terlapisi bahan pencelup, segera gulingkan sate sosis ke atas potongan french fries. Tekan-tekan dan rapikan french fries yang sudah tertempel secara perlahan. Pastikan tidak ada bagian sosis yang ‘bolong’.

Kalau ada french fries yang terlepas, rekatkan kembali ke sate sosis. Caranya, cocolkan french fries tersebut ke dalam bahan pencelup, kemudian rekatkan sambil ditekan perlahan ke bagian yang masih bolong.

7. Goreng dengan metode deep fry



Untuk menghasilkan hotang yang matang merata dan renyah, anda harus menggorengnya dengan metode deep fry. Gunakan Maspion Maslon Deep Fryer agar seluruh permukaan hotang terendam minyak. Sehingga, teksturnya lebih renyah dan matang merata.


Body Maspion Maslon Deep Fryer terbuat dari bahan aluminium berlapiskan teflon yang anti lengket. Jadi, mudah dibersihkan habis dipakai. Dilengkapi saringan minyak, sehingga anda tidak akan kesulitan meniriskan hotang yang sudah matang.

Sumber:https://resepkoki.id/7-tips-membuat-hotang-enak-renyah-matang/

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Membuat Hotang yang Enak, Renyah, dan Matang Merata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel