7 Jenis Resep Ikan Teri yang Ekonomis Dan Praktis


beberapa jenis hidangan yang bisa membuat si ikan teri seakan-akan jadi “bintang”–nya. Pokoknya mau pakai teri medan atau teri jengki, rasanya dijamin maknyus!

1. Tumisan

Hidangan ini mudah dibuat, cepat, dan tentunya bisa memadukan berbagai bahan. Tak hanya ikan teri, tumisan ini juga bisa dipadukan dengan aneka bahan lain yang memiliki rasa kontras dengan asin, misalnya irisan cabai merah atau ijo (pedas), jantung pisang (pahit), daun singkong (pahit), dan kulit melinjo (pahit). Atau, bisa juga dicah dengan bahan yang rasanya cenderung plain seperti tempe, tahu, dan jamur. Teri bisa langsung dimasukkan setelah bumbu ditumis hingga harum. Jangan lupa untuk memasaknya secara cepat agar teksturnya tidak terlalu kering.

2. Sambal



Bagi penggemar pedas, makan terasa tak lengkap tanpa kehadiran sambal. Supaya ada sensasi lain dalam menikmatinya, tambahkan ikan teri dalam sambal anda. Ikan teri bisa dipadukan dengan berbagai jenis sambal seperti sambal merah, sambal ijo, sambal petai, hingga sambal goreng kacang. Goreng ikan teri terlebih dulu sehingga saat diulek atau dimasak dengan sambal, bentuknya tidak mudah hancur dan teksturnya lebih renyah.

3. Bakwan 

Suka gorengan yang banyak isiannya? Buat ikan teri jadi bakwan, yuk! Karena rasa asin dari ikan teri, tentunya rasa bakwan jadi lebih gurih tanpa banyak bumbu. Tapi meskipun namanya bakwan teri, bukan berarti tak bisa dicampurkan dengan bahan lain, lho. Tambahkan irisan wortel, daun bawang, tauge, dan sayur favorit anda agar bakwan lebih bercitarasa!

4. Pepes



Pepes memang identik dengan ikan segar, tapi pepes ikan teri juga tak kalah nikmatnya, lho. Pepes dibuat dengan aneka bumbu rempah yang dicampur pada ikan teri, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus hingga matang. Nah kalau anda pakai teri basah, waktu mengukusnya tak perlu lama-lama agar teksturnya tak terlalu lembek. Sedangkan jika anda pakai teri medan, kukus selama kurang lebih lima menit. Setelah dikukus, bakar sebentar pepes sebelum disajikan agar lebih beraroma. Jangan lupa sajikan dengan nasi hangat ya, slurp!

5. Nasi Goreng



Bosan dengan nasi goreng yang itu-itu saja? Yuk, cobain nasi goreng ikan asin. Meskipun terkesan sederhana, nasi goreng ikan asin punya sensasi kriuk karena ikannya digoreng terlebih dahulu. Tapi ini sesuai selera ya, karena ikan asin bisa langsung dioseng dalam nasi goreng. Selain tekstur, nasi goreng ikan asin juga jauh lebih gurih dari nasi goreng biasa. Perhatikan takaran garamnya supaya tak keasinan, ya!

7. Nasi Bakar

Satu lagi sajian nasi yang tak kalah nikmatnya, yakni nasi bakar. Nasi bakar dibuat dengan campuran santan, bumbu repah, serta bahan tambahan lain yang dijamin buat anda kenyang bahagia. Dan karena dibungkus daun pisang, nasi bakar punya aroma yang lebih kuat dan pastinya menggugah selera. Nah supaya rasanya makin nikmat, goreng ikan terinya terlebih dulu sebelum dimasak dalam bumbu rempah. Setelah dicampur dengan nasi dan dibakar, langsung sajikan selagi hangat dan jangan lupa tambahkan lauk lain seperti tempe-tahu goreng, sate puyuh, sate kerang, sate usus, hingga kerupuk putih. Nyam!

7. Rempeyek


Kalau kerupuk wajib ada setiap anda makan, ikan teri bisa juga dibuat rempeyek, nih. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, rempeyek memiliki bentuk tipis dan tekstur yang lebih renyah. Bahannya pun tak sulit didapat, yakni tepung beras, tapioka, santan, dan aneka bumbu penguat rasa. Ikan teri bisa langsung dicampur dalam adonan tepung dan digoreng hingga matang-renyah. Pastikan minyaknya panas sebelum adonan masuk, ya!

Sumber:https://resepkoki.id/7-sajian-dari-ikan-teri-yang-ekonomis-praktis/

Belum ada Komentar untuk "7 Jenis Resep Ikan Teri yang Ekonomis Dan Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel