8 Tips Ampuh Menjaga Suhu Kulkas Tetap Dingin




Kulkas merupakan salah satu alat rumah tangga yang punya fungsi penting. Ia menjaga aneka bahan makanan pada suhu aman, yang tidak memungkinkan bakteri tumbuh. Supaya pengaturan suhu kulkas tetap dingin dan berfungsi baik, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.

1. Jauhkan kulkas dari peralatan dapur lain yang bersifat panas

Jika memungkinkan, dalam artian jika ruang dapur anda berukuran cukup lega, beri jarak antara kulkas dengan oven atau kompor. Panas yang dihasilkan oleh alat-alat rumah tangga tersebut ‘memaksa’ kulkas untuk bekerja keras menurunkan suhu. Selain membuatnya tidak awet, biaya listrik yang terpakai juga lebih banyak.

2. Jangan terlalu sering buka-tutup kulkas

Membuka kulkas terlalu sering bisa membawa bakteri dan kuman ke dalam kulkas. Udara dingin juga banyak keluar sehingga kulkas akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya.

3. Periksa dan bersihkan bantalan karet kulkas secara rutin

Mungkin Anda tidak terlalu telaten dalam memperhatikan bantalan karet di pintu kulkas (gasket). Padahal, komponen ini sangat penting. Jika tidak rajin dibersihkan, kotoran pada gasket bisa menumpuk dan membuat udara bisa keluar masuk di sela-selanya. Untuk membersihkan segel karet ini, gunakan air hangat dan sabun lembut. Sikatlah dengan sikat gigi bekas atau spons lembut dan langsung lap kering.

Untuk mengetes apakah gasket masih berfungsi dengan baik, jepit selembar uang kertas di pintu kulkas. Jika uang menempel sempurna di tempatnya, berarti gasket masih bagus. Namun, jika saat dijepit, posisi uang berpindah dan tidak menempel sempurna, anda harus mempertimbangkan mengganti gasket kulkas.

4. Jangan menaruh makanan panas dalam kulkas

Jika anda mempunyai makanan panas yang ingin dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu dulu hingga suhunya menurun secara alami. Bila langsung masuk dalam kulkas, kompresor pada kulkas akan dipaksa menurunkan suhu makanan dengan cepat sehingga mudah rusak.

5. Atur suhu kulkas supaya tidak terlalu dingin

Suhu aman kulkas adalah 4°C, sementara itu, suhu aman freezer adalah -17°C. Mengatur suhu kulkas di bawah itu bisa membuat kulkas cepat rusak. Tidak hanya akan meningkatkan biaya listrik, kompresor juga jadi lebih lama bekerja untuk memastikan suhu kulkas tetap dingin.

6. Pastikan semua wadah tertutup rapat

Jangan malas menutupi makanan di dalam kulkas. Jika makanan dibiarkan terbuka, kelembaban di dalamnya akan mempengaruhi kelembaban kulkas. Pasalnya, selain untuk menurunkan suhu makanan, kulkas sebenarnya juga dirancang untuk mengeliminasi kelembaban. Jadi, tidak hanya membuat kulkas jadi bau, menaruh makanan dalam keadaan terbuka juga membuat kulkas mengerahkan kekuatan berlebih yang sebenarnya tidak perlu.

7. Bersihkan bagian belakang kulkas secara berkala

Debu dan kotoran bisa terperangkap di bagian belakang kulkas dan berkumpul di bagian condenser coil. Tumpukan kotoran ini bisa menghambat kerja kipas kulkas. Oleh karena itu, vakum bagian belakang kulkas setiap beberapa bulan sekali.

8. Taruh botol berisi air pada area kosong kulkas


Botol berisi air mampu menyimpan dingin sehingga membantu kulkas mempertahankan suhu rendahnya. Mesin kulkas pun tidak harus bekerja lebih keras, namun kulkas tetap dingin.

Sumber:https://resepkoki.id/8-cara-ampuh-menjaga-suhu-kulkas-tetap-dingin/

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Ampuh Menjaga Suhu Kulkas Tetap Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel