Cara Menanak Nasi yang Benar


Apakah sudah merasa benar dalam hal menanak nasi? Tampak mudah ya keliatannya, hanya dengan membersihkan beras, lalu taruh beras yang sudah bersih ke dalam wadah yang ada di rice cooker, kemudian mencampur beras dengan air sesuai takaran, tutup rice cooker, tekan tombol on, dan menunggu sampai matang.

Namun saat nasi sudah matang, seringkali merasakan nasi menjadi lembek akibat kelebihan air dan ada pula yang kekerasan. Jadi, apa benar cara menanak nasi seperti itu?
Dan Souza, editor eksekutif Cook's Science di America's Test Kitchen membenarkan hal tersebut. Menurutnya, masalah terbesar dari memasak nasi yang berhasil dipecahkannya adalah mengenai mitos rasio air untuk memasak nasi.

Souza melakukan sebuah percobaan bersama timnya. Dia mencampur satu cangkir air dengan satu cangkir beras (rasio 1:1) ke dalam kantong yang bisa ditutup rapat. Souza kemudian mendapati, beras jenis apa pun bisa dimasak dengan rasio yang sama dan hasilnya maksimal.

Lewat percobaan itu Souza mematahkan kebiasaan umum memasak nasi yang menggunakan rasio dua cangkir air untuk setiap satu cangkir beras agar mendapat nasi yang matang sempurna. Menurutnya, kunci memasak nasi yang benar terletak pada proses penguapan.

Dikutip dari Daily Mai, Jumat (29/4/2016), "Karena kunci untuk menghasilkan nasi yang baik semuanya bermuara pada penguapan," kata Souza yang juga penulis buku The Science of Good Cooking.

Penguapan adalah hal yang sulit diprediksi dan cenderung berbeda-beda dari satu proses memasak ke proses memasak lainnya, dari satu dapur ke dapur lainnya. Dalam hal memasak nasi, bila memiliki dandang yang tutupnya tidak terlalu baik, nasi yang ditanak akan mendapat lebih banyak penguapan. Jika tertutup rapat, nasi yang ditanak akan lebih sedikit mengalami penguapan.

Idealnya ada alat yang tepat untuk membatasi seluruh penguapan (rice cooker cenderung melepas uap air, jadi perlu lebih banyak air untuk masak nasi dengan alat ini).
Menurut Souza, cara terbaik untuk mendapatkan rasio memasak nasi yang tepat adalah melalui trial and error, ukuran panci penanak, kelembapan, dan tentunya seberapa sering membuka penutup dandang sebelum nasi matang.


Begitu juga ketika menanak nasi menggunakan rice cooker di rumah. Gunakanlah rice cooker yang benar-benar tertutup rapat. Menanak nasi yang benar mampu menghasilkan nasi yang enak untuk disantap dan keluarga.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/inilah-cara-menanak-nasi-yang-benar.html

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanak Nasi yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel