Kurangi Kalori Nasi dengan Teknik Ini Saat Memasak


Tidak heran jika orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Mungkin bagi dan keluarga kalau tidak masak dan makan nasi rasanya ada yang kurang.

Ada dua alasan yang membuat nasi begitu wajib untuk ditemui dan disantap. Pertama, nasi mudah sekali dipadupadankan dengan aneka lauk dan beragam sayur. Kedua, harga beras relatif lebih murah jadi tak heran, kalau nasi punya banyak penggemar.

Kenikmatan memakan nasi tidak bisa berlangsung lama karena apa ? mengonsumsi nasi putih terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan kita karena dapat berisiko terkena diabetes.

Hal ini disebabkan nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana yang mengandung kadar gula tinggi. Selain itu, nasi pun tinggi kalori. Satu cangkir beras ketika berubah menjadi nasi berjumlah sekitar 200 kalori.

Kini tidak perlu cemas,  ada peneliti dari Sri Lanka, Sudhair James yang sudah menemukan cara masak nasi yang tepat agar nasi menjadi rendah kalori. Bukan hanya itu, kalori pada nasi pun bisa berkurang hingga 50 persen.

"Kita masak beras seperti biasa saja, namun ketika air mulai mendidih, sebelum beras dimasukkan, tambahkan minyak kelapa sekitar tiga persen dari berat beras yang akan dimasak. Setelah matang, dinginkan dalam kulkas selama 12 jam, " jelas peneliti Sudhair James saat menyampaikan risetnya di National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS).

Seperti dikutip dari BBC News, proses pendinginan ini penting sebab amilosa, komponen pati yang larut terhadap air, membentuk granula selama gelatinisasi. Menurut James, nasi yang sudah didinginkan tidak akan memengaruhi tingkat resisten pati.


Ditemukannya teknik memasak nasi yang menghasilkan pengurangan kalori dalam nasi dengan penggunaan minyak kelapa dan pendinginan ini bisa membuat dan keluarga jadi lebih sehat, mudah mengurangi kalori,  terhindar dari diabetes ataupun obesitas.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/kurangi-kalori-nasi-dengan-teknik-ini-saat-memasak.html

Belum ada Komentar untuk "Kurangi Kalori Nasi dengan Teknik Ini Saat Memasak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel