Cara Mudah Membuat Serabi


Sekarang ini, serabi sudah menjadi makanan tradisional khas Indonesia yang diminati banyak orang. Tidak heran jika resep serabi mulai dikenal oleh masyarakat luas juga dan keluarga.

Serabi yang berasal dari Kampung Notosuman di Solo itu berbahan dasar dan terbuat dari santan, tepung beras, dan gula pasir. Seiring perkembangan zaman, resep serabi pun mulai berkembang. Bahkan, pada tiap daerah, resep serabi ini dikombinasikan dengan berbagai bahan sehingga terciptalah resep serabi khas daerah tersebut.

Serabi yang tadinya hanya terasa gurih, kini sudah mulai mendapat sentuhan variasi dengan ditambahkan berbagai bahan, seperti stroberi, keju, pandan, nangka, susu hingga kacang.

Cara membuat serabi pun cukup unik, yaitu dengan menggunakan cetakan berbentuk mangkok yang terbuat dari tanah liat. Serabi dimasak dengan menggunakan arang atau kayu bakar.

Namun sekarang ini, agar memasaknya tak lama, maka serabi sudah mulai bisa masak di atas kompor dengan berbagai macam bentuk cetakan dengan ukuran diameter yang berbeda-beda berupa cetakan seperti teflon.

Jadi ada keinginan untuk membuat serabi sendiri di rumah kan, ? Caranya mudah siapkan bahan dasar serabi yaitu, tepung beras, vanila, pandan, santan kelapa, gula, dan garam.

Lalu untuk membuat adonan dasar serabi pun caranya, mulai campurkan tepung beras dengan santan hingga merata. Kemudian, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, campurkan kembali dengan bahan-bahan sisanya (vanila, pandan, gula, dan garam).


Selanjutnya yang harus siapkan ialah cetakan serabi. Panaskanlah cetakan serabi di atas kompor dengan mengoleskan minyak sayur ke cetakan serabi tersebut supaya adonan tidak lengket menempel dan hancur saat diangkat. Saat sudah cukup panas, tuangkan adonan serabi sebanyak 1 sendok makan atau sesuai selera . Adonan dimasak hingga menjadi kering. Setelah matang, angkat dan segera sajikan selagi hangat.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/cara-mudah-membuat-serabi.html

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Serabi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel