Takut Gagal Saat Membuat Kue?


sudah mulai memiliki keinginan membuat kue? Rasa malas atau takut gagal pasti menghantui ketika ingin memulai membuat kue. Membuat kue memang harus dipenuhi dengan ketekunan, kesabaran, ketelitian, dan menghilangkan rasa takut gagal.

Jika memang baru memulai mencoba membuat kue, simak 10 tips berikut ini sebelum memulai mencoba membuat kue:

1. Baca keseluruhan resep
Baca pelan-pelan dan simak baik-baik resep tersebut supaya tidak ada bahan, alat, dan langkah yang terlewat. Ketelitian sangatlah penting dalam membuat kue.

2. Pastikan Anda sudah memiliki semua alat dan bahan
Cek ulang semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum mulai mengolahnya. Fatal jika melupakan satu bahan penting di tengah-tengah proses.

3. Siapkan bahan dalam suhu ruang
Seringkali, bahan-bahan perlu ditempatkan ke dalam suhu ruang agar bisa bekerja. Jika ada bahan yang Anda simpan di kulkas, keluarkan dan taruh di lemari atau meja dapur beberapa jam sebelum membuat kue.

4. Siapkan kertas roti
Jika dalam resep loyang perlu dilapisi minyak, ikuti saran, karena sering kali terjadi gosong atau adonan yang menempel di loyang.

5. Panaskan oven sebelumnya
Memanaskan oven ini dimaksudkan supaya bisa mendapatkan hasil optimal dari pemanggangan.

6. Gunakan alat takar berbeda
Bahan cair (seperti susu dan air) harus diukur dengan gelas ukur dan bahan kering (tepung, gula, dan kacang) harus diukur menggunakan timbangan dan gelas ukur kering. Jadi, pastikan kalau sudah memiliki alat takar yang berbeda tersebut.

7. Mengayak Bahan
Mengayak bahan itu memang memberi waktu ekstra, namun mengayak bahan justru membuat tekstur kue yang sudah jadi menjadi lebih baik dan terhindar dari penggumpalan.

8. Pecahkan telur di mangkuk berbeda
Tahukah jika memecahkan telur langsung di adonan itu memiliki risiko tercampurnya pecahan kerak telur di adonan, bahkan bisa juga telur busuk, nah, kalau sudah terlanjur tercampur bisa apa selain mengulang kembali dengan telur dan adonan yang baru.

9. Campurkan bahan satu-persatu
Kebanyakan yang baru memulai membuat kue itu langsung mencampurkan semua bahan di mangkuk adonan. Sebaiknya baca resep lebih teliti lagi untuk mengetahui bahan apa saja yang dimasukkan terlebih dulu.

10. Pasang timer

Jika tergolong orang yang mudah lupa waktu, sebaiknya pasang timer dengan suara yang keras untuk menghindari resiko gagal pada saat memanggang, menunggu adonan di dalam oven, dan pada saat membuat topping kue.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/takut-gagal-saat-membuat-kue-intip-tipsnya-disini.html

Belum ada Komentar untuk "Takut Gagal Saat Membuat Kue?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel