3 Manfaat Buah dan Biji Pala


Tapi tak banyak juga yang mengetahui jika biji dan buah pala punya banyak manfaat di luar itu. Apa aja? Coba intip yuk!

1. Tidur nyenyak dengan pala.

Pikiran mumet, banyak tugas, dan masalah yang muncul tiba-tiba memungkinkan diri kita untuk susah tidur di malam hari, bahkan kebanyakan orang mulai memilih untuk begadang, padahal begadang akan menimbulkan efek tidak baik jika kita melakukannya sebagai rutinitas. Menurut ahli tanaman obat, pala memang cukup efektif mengatasi insomnia dan cukup aman Ioh! Senyawa kimia yang ada dalam buah pala diyakini bisa menghilangkan insomnia yang sedang kamu alami. Caranya yaitu sebelum tidur kamu bisa mengonsumsi air rebusan biji pala atau memakan daging buah palanya. Yeah! Malam ini kamu bisa tidur dengan nyenyak deh.

2. Menghilangkan suara parau.

Suara serak-serak basah buat seorang penyanyi memang dirasa lebih seksi ya guys, tapi hal menyebalkannya adalah jika suara parau tersebut datang karena radang yang juga menyebabkan tenggorokan tidak nyaman. Coba konsumsi pala ini untuk meredakannya deh. Minyak esensial yang terkandung dalam biji pala bisa bermanfaat membantu mengurangi suara serakmu. Caranya cukup mudah, haluskan biji pala dan jahe, lalu campurkan dengan 1 sendok teh cengkeh yang dihaluskan. Tambahkan 3 tetes minyak kayu putih, campurkan semua bahan hingga membentuk pasta. Oleskan ke lehermu, diamkan selama 3 jam. Lakukanlah secara rutin. Semoga suara paraumu segera hilang ya!

3. Menghasilkan energi.

Lemas nih, makan apa ya yang cepet menambah energi? Yap! Lebih baik mengonsumsi buah pala jika kamu membutuhkan energi bagi tubuh. Ada banyak sekali zat yang berfungsi membentuk energi seperti zat pati, gula pati, energi, dan karbohidrat. Coba yuk jadi lebih semangat dengan makan buah pala ini.

Selain itu, terbayang gak manisan buah pala yang lezat? Uniknya, walaupun pala terbaik adalah berasal dari Kepulauan Banda di Maluku, namun manisan buah pala ini adalah jajanan khas dari Bogor! Memang ya kreatif sekali orang-orang Indonesia ini dalam memanfaatkan kekayaan alamnya. Jika kamu memiliki banyak waktu luang dan ingin bereksperimen di rumah membuat manisan pala, berikut langkah-langkahnya.

1. Siapkan buah pala sekitar 300 gram. Kupas buah pala, buang bijinya, potong sampai tipis dan dibelah dua. Masing-masing belahan diiris dari ujung ke pangkal (jangan sampai terputus, buat seperti kipas)

2. Siapkan larutan garam dari campuran 1 sendok makan garam dan 1 liter air. Rendam buah pala dalam larutan garam selama satu malam kemudian tiriskan.

3. Siapkan larutan kapur sirih dari campuran 1 sendok teh kapur sirih dan 1 liter air. Rendam buah pala dalam larutan kapur selama satu malam kemudian tiriskan.

4. Siapkan larutan gula dari campuran 500 gram gula pasir dan 1 liter air panas. Rendam buah pala dalam larutan gula selama satu malam tiriskan. Ulangi proses ini sampai air gulanya habis, artinya gula sudah terserap secara maksimal.

5. Pindahkan buah ke atas tampah atau wadah yang lebar, kemudian jemur di panas sinar matahari hingga agak kering. Taburkan gula pasir ke atas buah pala tadi. Kemudian jemur kembali hingga betul-betul kering. Lalu angkat.

6. Manisan palamu sudah jadi! Pindahkan ke dalam toples dan pajang cantik di ruang tamu yah.


Ternyata buah mungil berbentuk bulat, berwarna hijau dan kekuning-kuningan ini gak cuman bermanfaat dalam dunia kuliner aja, tapi bisa juga dijadikan alternatif lain dalam membantu pengobatan. Keren kan? Sudah cukup paham dong pastinya tentang buah dan biji pala ini.

Sumber:https://resepkoki.id/3-manfaat-buah-dan-biji-pala/

Belum ada Komentar untuk "3 Manfaat Buah dan Biji Pala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel