4 Cara Memasak Nasi Goreng Tidak Lembek atau Gosong


Padahal kalau lihat di restoran atau abang gerobakan, cara dan bahannya tak jauh beda dengan yang saya pakai. Namun tetap saja, bikin nasi goreng yang enak itu memang butuh trik tersendiri. Simak terus penjelasannya berikut ini!

1. Pakai tekstur nasi yang tepat

Nasi pulen memang enak dimakan bersama lauk, tapi ternyata kurang pas untuk nasi goreng. Rahasia dari nasi goreng ala restoran atau abang gerobakan adalah nasi yang tidak pulen dan cenderung dingin. Jadi kalau biasanya nasi pulen dimasak dengan perbandingan nasi dan air yaitu 1:2, maka nasi putih untuk nasi goreng idealnya sebesar 1:1, ya.

Selain itu, anda juga bisa pilih beras pera untuk nasi goreng. Tekstur beras ini cenderung agak keras dan dijamin tak mudah lembek ketika digoreng.

2. Pastikan bahan-bahan tambahan teksturnya kering

Nasi goreng pastinya terasa membosankan tanpa aneka bahan tambahan, ya. Biasanya, kita menambahkan daging, ikan asin, seafood, atau berbagai jenis sayuran. Nah supaya tekstur nasi tidak berubah lembek saat digoreng, kita harus pastikan tekstur bahan tambahannya benar-benar kering saat masuk ke wajan, terutama sayuran daun hijau yang umumnya mengandung banyak air.

3. Tuang minyak secukupnya (cenderung sedikit)

Seperti halnya cairan lain, minyak juga mempengaruhi tekstur nasi goreng, lho. Semakin banyak minyak, nasi goreng akan lebih berkilau, lebih lembek, dan pastinya terasa berminyak. Oleh karena itu, masaklah dengan sedikit minyak seperti halnya menumis. Tak perlu khawatir jadi gosong deh, karena proses memasak nasi goreng memang berlangsung cepat dan kita perlu rajin mengoseng supaya matang merata.

4. Perhatikan besar api dan temperatur wajan

Saat menggoreng, seringkali kita memakai api kecil atau sedang supaya gorengan tak gosong. Namun untuk nasi goreng ada pengecualian, nih. Masakan ini justru cepat matang dengan tekstur pas saat pakai api besar. Coba perhatikan abang gerobak yang sedang memasak nasi goreng, pasti nyala apinya cukup besar, ya?


Tapi kalau masih ragu karena takut tekstur nasinya cepat gosong, anda bisa mengakalinya dengan panaskan wajan terlebih dahulu. Setelah cukup panas, kecilkan api dan masukkan bumbu nasi goreng. Tumis hingga harum lalu masukkan nasi. Oseng sebentar hingga merata, lalu besarkan lagi apinya dan masak hingga matang.

Sumber:https://resepkoki.id/4-tips-memasak-nasi-goreng-tidak-lembek-atau-gosong/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memasak Nasi Goreng Tidak Lembek atau Gosong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel