4 Cara Agar Gorengan Tidak Berminyak


1. Perhatikan kualitas minyak goreng

Hal utama yang pasti kita perhatikan dalam menggoreng adalah bahan gorengannya. Tapi tunggu dulu, kita juga perlu memperhatikan kualitas minyak, lho. Agar hasilnya maksimal, pakailah minyak baru untuk menggoreng. Namun jika masih ada sisa minyak yang banyak dan warnanya cukup bening (misalnya minyak bekas goreng kacang), anda boleh memakainya untuk menggoreng.

Tapi ingat, setelah itu buanglah minyak tersebut dan ganti dengan yang baru jika hendak menggoreng lagi. Minyak berwarna gelap dan ada bintik hitam tentunya bisa menurunkan kualitas gorengan dan tak mampu mematangkan dengan sempurna.

2. Panaskan minyak terlebih dahulu

Gorengan yang dimasukkan pada minyak yang belum dipanaskan (dingin) pastinya tak akan matang sempurna. Perubahan suhu yang terlalu mendadak, yakni dari dingin ke panas, hanya akan mematangkan bagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya masih mentah. Otomatis, waktu menggoreng akan lebih lama dan hal ini bisa membuat gorengan lebih berminyak.

Oleh karenanya, panaskan dulu minyak untuk menggoreng hingga benar-benar panas. Cara mengetahuinya, celupkan sutil kayu dan perhatikan banyak gelembung di sekitarnya yang berarti minyak sudah panas.

3. Masukkan bahan gorengan sedikit demi sedikit

Dulu saya pernah memasukkan bahan gorengan banyak-banyak dalam sekali menggoreng. Wajan penggorengan memang jadi penuh, tapi saya tak sadar karena hampir semua gorengan jadi sangat berminyak. Banyaknya muatan dalam wajan penggorengan dapat menurunkan suhu minyak sehingga gorengan menyerap lebih banyak minyak. Jadi solusinya, masukkanlah bahan gorengan sedikit demi sedikit, ya. Paling tidak 3-4 bahan untuk wajan ukuran sedang.

4. Tiriskan pada alat peniris, cooling rack, atau tisu dapur



Setelah gorengan matang keemasan, jangan langsung meletakkannya dalam piring, ya. Minyak yang masih menetes setelah diangkat dari wajan akan membasahi piring dan melembapkan gorengan. Nah jika dibiarkan terlalu lama, gorengan akan menyerap minyak tersebut dan mengakibatkan tekstur dalamnya jadi sangat berminyak.

Untuk mengatasinya, tiriskan gorengan di cooling rack atau saringan terlebih dahulu. Atau, letakkan tisu dapur di atas piring sebelum menaruh gorengan. Oh ya, jangan tumpuk gorengan supaya tidak lembap, ya.


Atau jika ingin lebih praktis, anda bisa menggunakan wajan penggorengan yang sudah memiliki cooling rack di atasnya, seperti Airlux MP 1032 Magic Pan ini. Setelah matang, gorengan bisa langsung ditiriskan dan minyaknya pun turun kembali ke wajan. Praktis dan tidak buang-buang minyak, deh.

Sumber: https://resepkoki.id/4-tips-agar-gorengan-tidak-berminyak/

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Agar Gorengan Tidak Berminyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel