5 Bahan Olesan Agar Permukaan Roti Mengkilat


Penasaran bagaimana membuat permukaan roti jadi kecoklatan dan terlihat mengkilat? Rahasianya ternyata hanya memakai bahan-bahan sederhana, lho. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Telur

Telur memang berperan banyak dalam dunia baking, ya. Nah salah satu fungsinya adalah mengkilatkan permukaan roti.

Telur ini bisa anda pakai utuh atau kuningnya saja, lalu dikocok halus. Oleskan pada permukaan roti sebelum dipanggang. Hasilnya adalah permukaan roti yang mengkilat dan terasa lembut, terutama jika anda pakai kuning telurnya saja, permukaan roti akan tampak lebih kuning kecoklatan dan mengkilat.

Namun jika tak ingin rasa yang terlalu nelur, anda bisa campurkan susu atau air dingin pada telur lalu dioleskan pada permukaan roti.

2. Mentega atau Margarin Cair

Baik mentega maupun margarin memiliki aroma yang khas ketika dicampurkan dalam adonan, tak terkecuali jadi olesan di permukaan roti. Selain memberi aroma harum, kedua bahan ini juga bisa mengkilatkan permukaan roti.

Caranya, lelehkan mentega atau margarin dengan microwave atau di-tim, lalu oleskan pada permukaan roti setelah setengah dipanggang. Namun berbeda dengan telur, olesan mentega atau margarin ini tidak akan terlalu ngejreng meskipun masih terlihat keemasan.

3. Gula Halus

Selain telur, gula juga sering digunakan untuk dalam adonan kue dan roti. Gula yang dipanaskan akan membentuk kristal atau terkaramelisasi sehingga hasil panggangan apapun bisa terlihat mengkilat.

Kalau anda ingin permukaan roti yang terlihat mengkilat sekaligus terasa manis, pakailah gula yang dilarutkan dalam susu atau air. Gunakan gula halus agar lebih mudah larut. Oleskan di permukaan adonan roti sebelum masuk panggangan.

4. Madu

Jika gula dirasa kurang mengkilat, anda juga bisa pakai madu, nih. Tapi bedanya, madu ini tak dioles sebelum adonan dipanggang melainkan setelah roti keluar dari oven.

Supaya teksturnya tidak terlalu pekat untuk olesan, panaskan madu terlebih dulu dalam microwave selama 15-20 detik. Atau, bisa juga dicairkan sedikit dengan air hangat. Dijamin, permukaan roti akan mengkilat cantik, terasa manis, dan bertekstur lebih lembut!

5. Susu Cair

Kalau biasanya bahan ini dicampurkan dengan yang lain untuk olesan, pada dasarnya kita tetap bisa mengandalkan susu cair, kok. Namun, hasilnya tidak sekuning dan seterang telur atau mentega. Oleskan susu cair pada adonan roti setelah setengah panggang, ya.

6. Minyak Zaitun

Kalau empat bahan tadi umumnya dipakai untuk jenis roti unyil hingga roti sobek, minyak zaitun biasa digunakan untuk mengkilatkan roti pita dari India atau adonan pizza.

Oleskan minyak zaitun murni (virgin olive oil) pada jenis adonan roti tersebut sebelum dipanggang. Aroma minyak ini sangat khas dan akan melengkapi citarasa si roti gurih. Selain itu, olive oil juga membuat roti tampak mengkilat dan menggoda.


Bagi pemula, bikin roti yang empuk dan lezat bukan lagi impian. Kini, anda bisa gunakan bread maker. Sederhananya, bread maker adalah alat pembuat roti dengan fungsi 3 in 1, yaitu menguleni, fermentasi, dan memanggang adonan sekaligus.


Anda hanya tinggal masukkan bahan-bahan sesuai resep, pilih jenis roti yang diinginkan, dan biarkan bread maker memproses segalanya hingga roti matang sempurna.

Sumber:https://resepkoki.id/5-bahan-olesan-agar-permukaan-roti-mengkilat/

Belum ada Komentar untuk "5 Bahan Olesan Agar Permukaan Roti Mengkilat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel