5 Cara Membuat Selai Cokelat Sendiri ala Rumahan

Apalagi sekarang ada begitu banyak jenis selai cokelat yang tersedia di pasaran, jadi saya tidak akan bosan. Tapi dipikir-pikir, sebagus apa pun makanan yang dijual di luar, masih jauh lebih baik buatan tangan sendiri. Selain terjamin kualitasnya, kita juga bisa menyesuaikan tekstur dan rasanya dengan selera kita.

Anda ingin juga mencoba membuat selai cokelat sendiri di rumah? Agar tidak salah dan gagal, cek caranya di bawah ini:

1. Siapkan alat dan bahan


Untuk membuat satu toples selai cokelat yang nikmat, bahan yang anda butuhkan adalah cokelat bubuk, tepung terigu, susu kental manis cokelat, gula pasir, margarin (bisa diganti dengan minyak goreng), vanili, dan air. Usahakan untuk memilih bahan kualitas terbaik, terutama bubuk cokelatnya. Jika anda menggunakan cokelat bubuk yang biasa, maka rasa, aroma, dan tekstur selai cokelat anda akan kurang bagus.

Jika anda ingin rasa cokelatnya lebih kuat dan lezat, anda juga bisa menambahkan DCC (dark cooking chocolate) yang khusus digunakan untuk memasak. Jadi bukan cokelat batangan untuk langsung dimakan, ya. Gunakan DCC yang berkualitas baik seperti Colatta Dark Compound Chocolate. DCC ini sudah sering sekali digunakan dalam pembuatan kue coklat, sehingga rasa coklatnya tidak perlu diragukan lagi.

Untuk alatnya sendiri, anda hanya membutuhkan panci anti lengket dan alat pengocok (whisk) untuk mengaduk selai.

2. Campur bahan selai cokelat

Pertama-tama, campur semua bahan kering dalam panci anti lengket. Lalu masukkan susu kental manis yang sudah diencerkan dengan air yang, sambil masukkan DCC yang sudah dicincang/diserut halus. Aduk dengan gerakan memutar terus-menerus dalam api kecil sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada sisa tepung yang menggumpal.

3. Masukkan margarin pada tahap terakhir

Setelah selai mulai kental dan meletup-letup, masukkan margarin atau minyak goreng. Aduk terus menerus agar margarin bisa meleleh dengan sempurna dan tercampur rata dengan adonan selai. Tunggu sampai selai benar-benar matang, lalu matikan kompor.

4. Pindahkan selai ke dalam toples kaca

Jika selai sudah mulai benar-benar dingin, pindahkan selai ke dalam toples kaca yang kedap udara. Selain agar lebih mudah diambil, menyimpan selai dalam toples kaca juga bisa membantu agar selai lebih tahan lama. Pastikan anda menutup kembali toples dengan rapat setelah mengambil/menggunakannya.

5. Masukkan selai ke dalam lemari es

Sebenarnya, selai cokelat yang sudah matang sudah bisa langsung dikonsumsi. Hanya saja, saya sangat menyarankan agar anda memasukannya terlebih dahulu ke dalam lemari. Hal tersebut bertujuan agar tekstur selai menjadi lebih kental.


Selai coklat nikmat tidak harus berharga mahal kok. Dengan membuatnya sendiri, anda juga bisa tahu dan menakar jumlah gula yang digunakan. Lebih sehat, aman, dan dijamin tidak kalah enak dibandingkan selai coklat komersil di pasaran. Selai coklat homemade juga sangat cocok digunakan untuk sajian dengan resep berikut ini.

Sumber:https://resepkoki.id/5-cara-membuat-selai-cokelat-sendiri-ala-rumahan-atau-homemade/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membuat Selai Cokelat Sendiri ala Rumahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel