7 Kegunaan Dan Manfaat Kapur Sirih dalam Masakan


Kapur sirih atau ‘injet’ ini terbuat dari cangkang kerang yang digiling/dihancurkan lalu dijadikan pasta. Selain untuk nyirih, kapur sirih sejak dulu terkenal memiliki banyak manfaat untuk memasak. Yang digunakan adalah larutan hasil campuran air dan kapur sirih. Apa saja kegunaannya?

1. Membuat keripik goreng lebih garing


Air kapur sirih terkenal dapat membuat gorengan lebih garing. Caranya, iris tipis bahan keripik yang akan dibuat, misalnya pisang atau kentang, lalu cuci hingga air bilasannya bening. Air kapur sirih yang sudah diencerkan dan diambil bagian beningnya saja lalu digunakan untuk merendam bahan yang sudah dipotong tadi selama 1 jam. Setelah itu tiriskan kentang/pisang lalu goreng hingga kering. Keripik anda pun akan lebih garing dan renyah dibandingkan yang tidak direndam air kapur sirih.

2. Membuat potongan buah lebih kesat dan padat pada cocktail dan manisan


Air kapur sirih yang dilarutkan dengan air lalu digunakan untuk merendam potongan buah-buahan sebelum dibuat manisan atau cocktail. Proses perendaman tersebut akan membuat buah-buahan lebih kesat, padat, dan ‘rangu’ saat digigit. Jenis buahnya pun bisa macam-macam seperti mangga, salak, apel, melon, leci, jambu, bahkan lidah buaya. Jadi sekarang anda tidak perlu takut gagal membuat manisan ala tukang manisan asli atau ala koktail kalengan, ya!

3. Membuat ketupat dan lontong lebih tahan lama


Nenek saya selalu mengajarkan untuk menambahkan sedikit campuran air kapur sirih ke dalam beras yang akan dibuat menjadi ketupat atau lontong. Diamkan  beras yang sudah diberi air kapur sirih selama kurang lebih 60 menit sebelum dibungkus. Air kapur sirih dapat membuat tekstur ketupat atau lontong jadi lebih kenyal dan tahan lama. Jadi tidak butuh bahan pengawet, kan?


Tips lain saat membuat ketupat dan lontong adalah menggunkan Oxone OX-2008 Aluminium Pressure Cooker. Anda bisa sekaligus hemat waktu, gas serta tenaga. Dengan kapasitas 8 liter dan bentuknya yang melebar ke samping, ketupat atau lontong bisa dimasak dalam jumlah banyak. Hasilnya pun lebih empuk dan lezat.

4. Membuat klepon dan cendol lebih kesat dan kenyal

Untuk anda yang sering membuat klepon atau cendol, penambahan beberapa sendok air kapur sirih bisa membuat adonan makanan lebih kesat dan kenyal. Klepon dan cendol yang dihasilkan pun akan lebih enak dan tidak mudah hancur.

5. Membuat kacang goreng lebih renyah

Agar kacang goreng yang anda buat lebih renyah, anda dapat merendam kacang tanah kupas dengan garam, sedikit air kapur sirih, dan bawang putih semalaman sebelum digoreng. Jangan lupa untuk sering mengaduk kacang saat digoreng agar warnanya cokelat muda merata.

6. Membuat rempeyek dan saroja lebih garing dan tahan lama


Salah satu rahasia mengapa rempeyek dan saroja buatan nenek saya selalu garing dan tahan lama adalah penambahan air kapur sirih. Cukup gunakan ¼ bagian kapur sirih yang dilarutkan dengan segelas air lalu tunggu hingga mengendap, ambil air bagian beningnya saja, dan campurkan ke dalam adonan rempeyek dan saroja yang anda buat.
  
7. Membuat kulit lumpia tidak mudah sobek

Karena saya sering membuat piscok (pisang cokelat keju) melted, saya sering membuat kulit lumpia sendiri. Agar kulit lumpia tidak rapuh, bertekstur baik, dan tidak mudah putus,  tambahkan sedikit air kapur sirih pada adonan kulit lumpia tersebut.

Saat menggunakan kapur sirih dalam masak, anda perlu perhatikan takarannya ya. Penggunaan kapur sirih yang berlebihan akan membuat makanan jadi terasa pahit dan getir khas kapur. Oleh karena itu, cukup campurkan sedikit saja larutan air kapur sirih ke dalam masakan.

Sumber:https://resepkoki.id/7-kegunaan-kapur-sirih-dalam-masakan/

Belum ada Komentar untuk "7 Kegunaan Dan Manfaat Kapur Sirih dalam Masakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel