6 Cara Agar Tepung Disimpan Tetap Kering dan Tidak Berkutu


Mari Simak tips berikut ini, yuk!

1. Perhatikan kemasan sebelum membelinya

Yang pertama harus kamu perhatikan saat membeli tepung adalah tanggal kadaluarsa yang tercantum di kemasannya. Ini penting banget kalau kamu ingin menyimpan dalam jangka waktu lama. Minimal masa kadaluarsa harus berjarak 1 tahun atau lebih. Jangan lupa juga, kamu perhatikan kemasannya. Pastikan tidak robek atau rusak karena bisa saja tepung sudah terkontaminasi udara luar atau hewan-hewan kecil.

2. Selalu tutup rapat kemasannya

Biasanya sih kemasan asli tepung memang dibuat agar bisa disimpan jangka panjang. Dengan catatan, selama kemasan belum dibuka. Sekali dibuka, masa bertahannya akan berkurang. Makanya setiap habis dipakai, selalu tutup rapat kembali kemasannya. Kamu juga bisa memindahkan tepung ke wadah lain atau toples kedap udara sebagai tempat penyimpanannya.

3. Jauhkan dari sinar matahari

Kadang suka gak sadar, kita asal taruh tepung di tempat yang terpapar matahari. Padahal si tepung ini anti banget ada di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena akan sangat mengubah kualitasnya. Jadi lebih baik simpan di tempat yang sejuk, kering, cenderung gelap tapi tidak lembab ya, teman-teman Resepkoki.

4. Jangan biarkan tepungmu terkontaminasi

Ambil secukupnya saja jumlah yang kamu perlukan dengan sendok yang kering dan bersih lalu kamu tutup rapat kembali. Tepung yang sudah dipakai ini bisa bertahan kurang lebih 6 bulan lho selama tidak terkontaminasi apapun. Plus, kamu juga nggak boleh mencampur tepung yang baru dengan yang lama. Habiskan dulu, baru buka tepung yang baru, ya.

5. Simpan di freezer

Gak cuma buat ayam dan daging-dagingan, freezer juga terbukti bisa membunuh telur kutu yang mungkin sudah ada di dalam tepung. Menyimpan di freezer bisa jadi alternatif kamu, selain menyimpannya dalam suhu ruang. Karena tepung yang berada di dalam freezer minimal 48 jam, bisa membunuh parasit yang ada di dalamnya. Caranya, masukan saja sisa tepung ke dalam wadah kedap udara lalu simpan di freezer. Namun pastikan jangan sampai ada setetes air pun masuk dalam wadah tersebut. Kamu bisa menggunakannya kembali saat dibutuhkan.

6. Belilah sesuai kebutuhanmu


Buat kamu yang super sibuk alias tidak rutin membuat makanan yang menggunakan tepung, belilah hanya sejumlah yang kamu butuhkan saja. Jangan pernah berpikir untuk menyimpannya. Karena bukan harga murah yang kamu dapat, justru mubazir jika terlanjur tengik dan harus kamu buang.

Sumber:https://resepkoki.id/6-cara-agar-tepung-disimpan-tetap-kering-dan-tidak-berkutu/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Agar Tepung Disimpan Tetap Kering dan Tidak Berkutu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel