8 Jenis Menu atau Lauk Penyusun Nasi Tumpeng


Nasi tumpeng berciri khas utama yaitu gundukan nasi yang dicetak dengan bentuk kerucut, yang diletakkan di tengah kumpulan aneka lauk pendamping yang menggugah selera. Apa saja isi sekaligus lauk pendamping nasi tumpeng tersebut?

1. Nasi



Dalam nasi tumpeng, hal yang paling penting tentu saja nasinya. Nah, awalnya nasi yang digunakan adalah nasi putih tawar yang memiliki filosofi bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang halal dan bersih.

Tapi sekarang nasi yang digunakan untuk tumpeng lebih bervariasi. Seperti nasi kuning, sampai nasi uduk berbumbu yang tentunya memiliki rasa yang jauh lebih gurih jika dibandingkan nasi putih biasa.

2. Urap



Urap merupakan salad ala Indonesia yang terdiri dari campuran aneka sayuran rebus seperti tauge, kangkung, bayam, dan kacang panjang yang dicampur bersama parutan kelapa berbumbu.

Dulu, masing-masing dari sayuran rebus tersebut memiliki filosofinya tersendiri lho, seperti kangkung yang berarti melindungi, atau kacang panjang yang bisa diartikan sebagai pemikiran jauh ke depan.

Rasa dari urap ini gurih, sedap, dan lezat penuh bumbu. Sayur ini cocok sekali disajikan untuk menyeimbangi lauk lainnya.

3. Ayam goreng



Ayam goreng memang cocok disajikan bersama makanan apa pun, termasuk nasi tumpeng. Biasanya ayam diungkep dengan bumbu kuning terlebih dahulu, baru kemudian digoreng dan disajikan. Gurih dan lezatnya daging ayam akan membuat acara makan nasi tumpeng anda menjadi semakin lengkap.

Dulu, ayam yang digunakan untuk tumpeng tidak bisa sembarangan lho, tapi harus menggunakan ayam jantan, karena dipercaya bisa menghindarkan kita dari sikap ayam jantan yang angkuh, merasa benar sendiri, dan tidak setia.

4. Tahu dan tempe

Anda bisa gunakan tahu dan tempe goreng atau kering kentang tempe. Perpaduan antara renyahnya kentang dan tempe goreng dengan balutan bumbu yang manis dan pedas tentunya bisa membuat acara makan anda menjadi lebih nikmat.

Menu tahu dan tempe ini merupakan lauk nasi tumpeng masa kini yang bertujuan untuk memperkaya rasa dan menambah nilai gizi pada nasi tumpeng, jadi tidak memiliki filosofi yang berkaitan dengan budaya atau sejarah.

5. Telur



Zaman dulu, telur rebus yang disajikan lengkap dengan cangkang adalah lauk wajib nasi tumpeng. Hal ini bermakna filosofis bahwa semua tindakan yang kita lakukan harus direncanakan dengan baik (dikupas).

Nah, jika tidak suka dengan rasa tawar dan tampilan dari telur rebus, anda bisa pilih telur dadar. Selain lebih nikmat, telur dadar yang berwarna kuning kecokelatan juga bisa mempercantik tampilan nasi tumpeng.

6. Ikan

Ikan juga jadi lauk wajib yang hanya boleh menggunakan jenis khusus seperti lele, bandeng, atau ikan asin tipis (gereh pethek).

Ikan lele dianggap melambangkan ketabahan dan keuletan dalam hidup. Sementara ikan bandeng melambangkan rezeki yang melimpah layaknya duri dalam tubuhnya. Lain hal dengan ikan gereh pethek yang hidup bergerombol melambangkan manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

7. Perkedel kentang



Selain lauk-lauk di atas, anda juga bisa menambahkan perkedel kentang. Perpaduan antara lembut dan gurihnya kentang tumbuk yang dicampur bumbu-bumbu, serta garingnya kulit perkedel di bagian luar dijamin sulit ditolak deh!

8. Sambal


Menu-menu di atas rasanya kurang sempurna jika tanpa sambal ya. Rasa pedas dan lezat dari sambal dijamin membuat acara makan anda menjadi lebih nikmat.

Anda bisa menggunakan sambal jenis apa pun sesuai selera. Atau jika ingin praktis, anda bisa menambahkan sambal dalam salah satu menu lauk di atas seperti telur rebus jadi telur balado atau kentang jadi kentang balado.


Seluruh masakan di atas akan lebih mudah dimasak dengan menggunakan cookware set dari Supra Rosemary. Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan. Bahan pembuatannya adalah stainless steel yang sudah dilapisi lapisan anti karat serta anti lengket yang tidak mudah terkelupas.      

Sumber:https://resepkoki.id/8-menu-atau-lauk-penyusun-nasi-tumpeng/

Belum ada Komentar untuk "8 Jenis Menu atau Lauk Penyusun Nasi Tumpeng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel