Asam Udeung (Sambal Mentah Khas Aceh)


Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya. Sebetulnya, kita tak perlu menyebutnya “sambal asam udeung” karena “asam” bagi orang Aceh sendiri sudah berarti “sambal”. Dan seperti yang saya sebutkan di atas, para penggemar sambal wajib coba asam udeung ini. Perpaduan berbagai rasa benar-benar menyatu dalam satu cobek. Coba bayangkan pedasnya cabai bercampur gurihnya udang, lalu ditambah asam segarnya belimbing wuluh muda, serta aroma wangi dari daun jeruk dan serai. Hmm, jadi ngiler, ya?

Bahan-bahan pembuatan

Bagi anda yang tertarik buat di rumah (seperti saya), asam udeung ini termasuk sambal yang praktis dibuat. Bahan utama yang perlu dipersiapkan adalah udang. Di sini, anda bisa pakai udang berukuran kecil seperti udang jerbung, udang peci, dan sebagainya. Kalau tak ada udang segar, pakai ebi juga bisa, lho. Pilih ebi yang utuh dan tak berumur lama, ya.

Selain udang, bahan utama yang khas dari sambal ini adalah belimbing wuluh. Pilihlah belimbing wuluh muda dan berukuran besar karena rasa asamnya lebih kuat dari yang tua. Siapkan juga bumbu-bumbu lain seperti cabai rawit merah, cabai rawit hijau, bawang merah, daun jeruk, serai, gula, dan garam secukupnya. Kalau tak suka bau langu, cabai dan bawang merah boleh digoreng sebentar.

Langkah pembuatan

1. Bersihkan dan rebus udang

Cara ini khusus bagi anda yang pakai udang segar, karena kalau pakai ebi tinggal dicampurkan saja dengan bahan lainnya. Bersihkan udang di bawah air mengalir dan kupas kulitnya. Setelah itu, didihkan air dan beri sedikit garam. Masukkan udang yang sudah dikupas ke dalam air mendidih, lalu rebus selama maksimal lima menit. Oh ya supaya bau amis udang sedikit hilang, bisa tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis, ya. Atau jika ingin ada tekstur gorengnya, udang juga bisa ditumis selama tiga menit, lho.

2. Haluskan belimbing wuluh dan bumbu sambal

Potong belimbing wuluh muda, bawang merah, dan serai. Sobek juga daun jeruk dan buang batangnya. Masukkan semua bahan dan bumbu tersebut, plus cabe rawit dan garam-gula secukupnya, dalam sebuah cobek. Haluskan dan koreksi rasa.

3. Campurkan udang rebus dalam bumbu halus


Setelah belimbing wuluh dan bumbu sambal halus, masukkan udang rebus lalu kembali uleg hingga tercampur rata. Koreksi rasa lagi dan sambal mentah siap disajikan. Jika ingin terasa lebih pedas, boleh tambahkan minyak panas bekas menggoreng cabai dan bawang merah, ya.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-asam-udeung-sambal-ganja/

Belum ada Komentar untuk "Asam Udeung (Sambal Mentah Khas Aceh)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel