Mari Mengenal, Memilih, Mengolah Biji dan Daun Melinjo


Sementara daunnya sering dijadikan tambahan dalam sayur lodeh, sayur asem, dan pindang daging kudus. Berikut akan saya bagikan tips memilihnya saat membeli, mengolah, hingga menyimpannya, agar anda bisa mendapatkan bahan sekaligus citarasa maksimalnya.

1. Pilih daun melinjo yang masih muda

Saat akan memasak, sebaiknya anda memilih daun melinjo yang masih muda, yaitu yang berwarna hijau muda. Karena biasanya bagian tangkainya masih lunak dan lezat untuk dimakan. Daun melinjo yang sudah tua cenderung memiliki tekstur keras dan berserat sehingga tidak terlalu enak untuk dikonsumsi.

2. Pilih biji melinjo yang sudah matang

Sama seperti ketika memilih daunnya, ada trik tersendiri juga ketika anda akan membeli biji melinjo. Usahakan untuk memilih biji melinjo yang mulus dan tidak lembek. Pastikan juga anda memilih biji melinjo yang sudah matang, yaitu yang berwarna kuning atau merah karena lebih bertekstur dan lezat ketika dikonsumsi.

3. Masukkan biji melinjo pada tahap pertama memasak

Karena tekstur bijinya keras, maka biji melinjo perlu waktu lebih lama saat dimasak. Oleh sebab itu, masukkan/campurkan biji melinjo di awal memasak agar kulit dan  daging bijinya jadi lebih lunak dan enak untuk dinikmati.

4. Masukkan daun melinjo pada proses terakhir memasak

Berbeda dengan bijinya yang dimasak dari awal, daun melinjo justru lebih baik dimasukkan pada tahap terakhir memasak agar nantinya daun melinjo tetap segar, bertekstur, dan kandungan gizinya tidak berkurang terlalu banyak.

5. Simpan daun dan biji melinjo di dalam kulkas

Jika tidak akan langsung diolah, sebaiknya anda segera menyimpan daun dan biji melinjo setelah dibeli, sebab keduanya tidak tahan lama. Dalam beberapa hari, daunnya akan mulai layu dan rasanya tidak segar lagi. Sedangkan untuk biji melinjo, tekstur dagingnya akan menjadi keras dan tidak enak jika terlalu lama disimpan. Jadi sebaiknya anda hanya membeli daun dan biji melinjo saat akan dimasak saja, ya.


Jika anda tahu cara tepat mengolah biji dan daun melinjo, bukan tidak mungkin anda bisa memasak olahan keduanya yang sehat namun memiliki rasa yang lezat.

Sumber:https://resepkoki.id/mengenal-memilih-mengolah-biji-dan-daun-melinjo/

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal, Memilih, Mengolah Biji dan Daun Melinjo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel