10 Macam Bahan Campuran Omelet Agar Lebih Bercitarasa


Meski hanya berbahan dasar hanya telur, margarin/minyak, garam, dan merica, ada kalanya kita bosan dengan omelet yang itu-itu saja. Supaya lebih bercitarasa dan bervariasi, kita bisa kok menambahkan aneka bahan sebagai campuran omelet. Simak yuk apa saja bahannya berikut ini.

1. Bawang

Bawang punya aroma yang menggugah selera dan tentunya menambah gurih omelet anda. Biasanya, jenis bawang yang digunakan adalah bawang merah dan bawang bombay. Khusus bawang bombay, anda bisa merasakan citarasa sekaligus tekstur pada omelet. Kedua bahan ini bisa diiris, dicacah kasar atau halus, dan khusus bawang bombay dipotong memanjang.

2. Daun Bawang

Selain bawang, anda juga bisa pakai daun bawang, nih. Aroma daun bawang yang khas tentu sukses membuat makan jadi lahap. Tak hanya itu, daun bawang juga memberi aksen hijau yang mempercantik tampilan omelet. Daun bawang cukup diiris bagian hijaunya, lalu masukkan ke kocokan telur. Untuk bentuk irisannya bisa pilih iris tipis atau iris bentuk persegi.

3. Cabai & Paprika

Bagi yang ingin menambahkan rasa pedas pada omelet, bisa pakai irisan cabai atau paprika, nih. Dua bahan ini punya tingkat kepedasan yang berbeda. Kalau ingin tak terlalu pedas, anda bisa pakai paprika merah dan hijau sedangkan cabai dipakai untuk rasa omelet yang lebih pedas. Anda bisa pakai cabai besar atau cabai rawit. Jadi selain menambah sensasi pedas, warna omelet juga makin meriah dengan merah-hijau dari cabai dan paprika. Oh ya, jika hanya ingin memanfaatkan warna cabai dan paprika yang cantik, anda bisa membuang biji cabai dan paprika yang jadi sumber rasa pedas utama.

4. Bayam

Daun bayam memang biasa dimasak sop atau rebusan, tapi tak ada salahnya dicampurkan dalam omelet, lho. Selain tekstur yang lembut, bayam adalah jenis daun sayuran yang rasanya cenderung manis dan tak terlalu pahit. Bahkan, warna hijaunya juga bisa mempercantik tampilan omelet. Dijamin, omelet anda akan lebih nikmat dan sehat. Untuk mempersiapkannya juga tak sulit, yakni cuci dengan air bersih dan cukup dicacah kasar atau halus sesuai selera. Anda juga bisa pakai batang bayamnya untuk menambah tekstur renyah, lho.

5. Tomat

Siapa yang tak suka buah tomat? Anda pasti akan berpikir dua kali jika merasakan campuran tomat dalam omelet. Buah tomat memiliki rasa manis-asam yang khas dan warna merah yang menggoda. Bayangkan gurihnya omelet yang diisi potongan dadu tomat merah, hmm dijamin waktu sarapan lebih menyenangkan! Nah sama seperti cabai dan paprika, anda bisa membuang bijinya dan memakai daging tomatnya saja.

6. Wortel

Wortel memiliki rasa manis alami yang bisa membuat omelet anda jadi umami. Perpaduan manisnya wortel dan gurihnya omelet tentu jadi sensasi sendiri ketika menyantapnya. Anda bisa mendapatkan tekstur, rasa, sekaligus warna jingga yang cantik dalam omelet. Mantap, kan? Untuk pengolahannya, wortel bisa dipotong dadu kecil atau diserut.

7. Keju

Siapa sih yang tak suka keju? Bahan ini cocok dicampurkan dengan berbagai masakan, dan salah satunya adalah omelet. Keju bisa memberikan rasa asin sehingga anda tak perlu lagi terlalu banyak menambahkan garam. Selain itu, anda beberapa jenis keju yang mudah leleh sehingga membuat omelet lebih lembut dan istimewa. Anda bisa pakai aneka jenis keju seperti cheddar, red cheddar, dan mozarella. Parut keju atau potong dadu kecil dan langsung campurkan dalam kocokan telur, ya.

8. Daging

Wah, omelet isi daging tentu nikmat sekali, ya? Apalagi jika anda pakai daging sapi atau ayam cincang segar. Namun jika tak ada, anda bisa memakai sosis, bakso, atau kornet juga, lho. Olahan daging ini rasanya tak kalah dengan daging segar dan pastinya lebih bergizi untuk santapan si kecil. Daging cincang dan kornet bisa dicampurkan langsung dalam kocokan telur, sementara sosis dan bakso bisa dipotong dadu kecil terlebih dulu.

9. Jamur

Bahan yang satu ini paling sering saya pakai sebagai campuran omelet. Jamur memberikan sensasi tersendiri ketika menyantap omelet. Sajian ini jadi lebih bertekstur dan tentunya ada rasa jamur yang nikmat. Sebagai pilihan, anda bisa pakai jamur kancing, jamur tiram, hingga jamur shimeji, lho. Anda bisa potong tipis/kecil jamur tersebut atau langsung dicampurkan dalam bentuk utuh ke dalam kocokan telur. Selain bentuk jamur aslinya, anda bisa pakai kaldu jamur sebagai penyedap rasa omelet. Nyam!

10. Mie & Makaroni


Last but not least, ada bahan karbo favorit semua orang: mie dan makaroni. Kedua bahan ini tentunya bisa memberi tekstur pada omelet sekaligus meningkatkan citarasanya. Kedua bahan ini cukup direbus hingga cukup matang, ditiriskan, dan langsung dicampur dalam kocokan telur. Selain nikmat, sarapan omelet ini tentunya tak perlu repot menyiapkan sajian karbo-nya, kan? Oh ya selain dua jenis karbo ini, anda juga bisa kreasikan dengan soun atau jenis pasta lainnya.

Sumber:https://resepkoki.id/10-bahan-campuran-omelet-agar-lebih-bercitarasa-dan-bertekstur/

Belum ada Komentar untuk "10 Macam Bahan Campuran Omelet Agar Lebih Bercitarasa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel