3 Cara Membuat Chiffon Tanpa Loyang Chiffon


Fakta di atas membuat saya yakin bahwa tak ada nyali yang cukup besar untuk mengeksekusi kue ini. Namun karena rasa penasaran dan ngidam, akhirnya terealisasikan juga resep chiffon pandan ini. Waktu itu saya nekad pakai loyang biasa dan sudah harap-harap cemas ketika menunggu kuenya matang. Tapi ternyata, hasilnya tak separah yang dibayangkan dan chiffon tetap bisa mengembang cantik. Gimana caranya? Simak trik dan tips di bawah ini!

1. Pakai loyang tulban yang dindingnya tinggi

Pada dasarnya, kue chiffon punya tekstur yang empuk dan mengembang secara merata. Soalnya, loyang khusus chiffon memiliki lubang di tengah yang membuat adonan bisa terpanggang semua sisinya secara merata, baik adonan bagian tengah maupun pinggiran kue. Kalau tak punya loyang chiffon, pilihlah loyang tulban atau bundt pan yang juga memiliki lubang di bagian tengah. Selain itu, pilih loyang tulban dengan dinding yang tinggi supaya adonan tidak tumpah keluar loyang saat mengembang naik.

2. Pakai loyang bongkar pasang agar kue tidak menempel di loyang

Hampir semua resep chiffon melarang kita untuk mengoles loyang dengan margarin dan memberi taburan tepung. Hal ini dilakukan supaya saat loyang dibalik, kue chiffon tidak melorot jatuh dalam keadaan panas dan membuat tekstur kue jadi bantat. Supaya kue chiffon bisa terlepas sempurna dari loyang setelah dingin, pakailah loyang bongkar pasang yang bisa dilepas bagian bawahnya. Sebagian besar loyang chiffon juga bisa dibongkar bawahnya, lho. Meskipun tetap harus mengikis pinggiran kue dengan pisau, kue chiffon dijamin bisa keluar dengan mulus karena memang tak ada olesan margarin atau taburan tepung sebagai pelapis loyang.

3. Pakai botol atau cooling rack untuk menyangga loyang saat dibalik


Poin penting dari loyang chiffon adalah kaki di bagian bibir loyang. Dua kaki ini berfungsi untuk menahan loyang agar tak bersentuhan dengan lantai ketika dibalik. Proses pembalikkan ini penting dan tak bisa di-skip lho, supaya kue chiffon yang sudah matang tidak mengerut atau kempis. Nah kalau pakai loyang biasa, pasang botol atau benda yang tinggi di lubang loyang. Atau, bisa juga dengan menelungkupkan loyang di atas cooling rack yang berjarak dengan lantai. Balikkan loyang selama beberapa jam hingga dingin, lalu barulah kue bisa dikeluarkan dari loyang.

Sumber:https://resepkoki.id/3-tips-membuat-chiffon-tanpa-loyang-chiffon/

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Membuat Chiffon Tanpa Loyang Chiffon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel