6 Cara Membuat Pepes Lebih Lezat dan Bebas Ribet


cara membuat pepes terkenal cukup ribet, sehingga tidak sedikit orang yang malas membuatnya. Namun ternyata ada tips dan trik untuk mengurangi keribetannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tumis bumbu pepes terlebih dahulu

Bukan pepes namanya jika bumbu dan rempah yang digunakan tidak berlimpah. Biasanya, bumbu pepes terbuat dari bumbu-bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang dihaluskan. Namun biasanya bumbu halus tersebut akan langu jika langsung dikukus bersama bahan pepes, jadi saya sangat menyarankan anda menumis bumbu tersebut terlebih dahulu sebelum pepes dikukus.

Jangan lupa tambahkan serai, lengkuas, dan irisan cabe rawit ke dalam tumisan. Tambahkan juga garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera agar rasa pepes lebih nikmat.

2. Lemaskan daun pisang

Agar daun pisang tidak sobek dan lebih mudah dibentuk ketika dipakai membungkus pepes, maka anda harus melemaskannya terlebih dahulu. Ada dua metode yang bisa anda coba, yaitu membakarnya di atas api kecil, atau mengukusnya sebentar sampai layu. Cata tersebut dapat membantu anda agar lebih mudah melipat pepes nantinya.

3. Saat menyusun bahan pepes di atas daun pisang

Setelah daun pisang layu, sekarang saatnya anda menyusun pepes. Susun beberapa lembar daun pisang di atas meja, penggunaan daun yang berlapis-lapis bertujuan agar pepes tidak bocor.

Kemudian, taruh bumbu dan ratakan sebesar ukuran bahan. Lanjutkan dengan menaruh bahan utama pepes, ikan, ayam, dan sebagainya, lalu lumuri kembali dengan bumbu. Pastikan bumbu tersebut menutupi seluruh permukaan bahan makanan agar bumbu bisa lebih meresap rata. Terakhir, lipat daun pisang dan rekatkan dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi.

4. Kukus pepes sekaligus


Jika anda membuat pepes dalam porsi banyak, akan sangat ribet dan memakan waktu ketika anda harus membungkusnya satu per satu. Nah, demi menyiasati hal tersebut, anda bisa mengukus pepes sekaligus. Caranya, susun beberapa lembar daun pisang langsung di atas dandang kukusan, lalu letakkan bumbu, bahan pepes, dan lumuri kembali dengan bumbu. Setelah itu, tutup lagi dengan daun pisang. lalu kukus pepes sampai matang.

Gunakan Tupperware Steam It yang terdiri dari 2 susun alat kukus, sehingga seluruh pepes dapat dikukus secara sekaligus.

5. Kukus menggunakan panci presto

Jika anda ingin pepes yang lunak sampai ke duri/tulangnya, anda bisa mengukusnya menggunakan panci presto. Selain lebih bergizi karena bagian tulangnya ikut termakan, anda juga tidak perlu ribet memisahkan daging dari duri/tulang.

6. Bakar pepes sebelum disajikan


Agar aroma pepes lebih keluar, anda bisa membakar pepes terlebih dahulu sebelum disajikan. Tidak perlu membakar terlalu lama, cukup bakar sesaat hingga aromanya menguar dan daun pembungkusnya jadi kecoklatan.

Sumber:https://resepkoki.id/6-tips-membuat-pepes-lebih-lezat-dan-bebas-ribet/

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Membuat Pepes Lebih Lezat dan Bebas Ribet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel