6 Jenis Kue dan Cake Lezat yang Bisa Dibuat Tanpa Oven

Ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari yang dikukus hingga hanya butuh didinginkan dalam kulkas saja.

1. Tiramisu



Cake yang banyak dijual di restoran dan kafe ini ternyata tidak membutuhkan oven sama sekali untuk membuatnya. Bahkan, anda hanya perlu menumpuk-numpuk seluruh bahan yang dibutuhkan di atas loyang kaca hingga terbentuk layer yang cantik.

Bahan utama dari tiramisu cake adalah biskuit ladyfinger, whipped cream, kopi, cream cheese, dan cokelat bubuk. Untuk membuatnya, anda hanya perlu mengocok whipped cream hingga kaku, campurkan dengan cream cheese, tata biskuit ladyfinger yang sudah dicelup ke kopi ke dalam loyang, lalu tuangkan adonan cream, dan taburkan cokelat bubuk di atasnya. Ulangi seluruh tahapan tumpuk-menumpuk tersebut hingga mencapai bibir loyang dan dinginkan tiramisu di dalam kulkas selama 3 jam.

2. Mille Crepe

Sama seperti tiramisu, membuat mille crepe ini sebenarnya juga hanya menumpuk-numpuk bahan hingga tinggi dan menyerupai cake. Tumpukan mille crepes terdiri dari lembaran crepes yang tipis dan krim filling yang terbuat dari campuran susu, whipped cream cair, kuning telur, mentega, dan tepung maizena. Setelah crepes dan krim filling siap, letakkan 1-2 lembar crepe di atas piring saji dan tuangkan serta ratakan 1 sdm krim filling ke atasnya. Ulangi terus deh langkah tersebut hingga seluruh lembaran crepes habis. Simpan di dalam kulkas hingga mille crepe dingin serta padat.

3. Brownies Kukus

Sejak menjadi oleh-oleh khas Bandung, penikmat brownies kukus memang meningkat drastis. Brownies kukus memiliki tekstur yang lebih chewy dari brownies panggang. Namun, rasa cokelatnya tetap lumer dan lembut saat disantap.

Secara bahan-bahan, brownies kukus sama saja dengan brownies panggang. Yaitu terdiri dari tepung terigu, telur, gula pasar, cokelat bubuk, dan cokelat masak (DCC). Perbedaannya benar-benar hanya pada cara pematangannya saja, yang mana brownies kukus dimasak dengan cara dikukus. Selain itu, anda juga bisa menambahkan emulsifier ke dalam adonan brownies kukus untuk hasil yang lebih lembut dan antigagal.

4. Cheesecake Kukus

Cheesecake merupakan jenis kue yang bisa dimatangkan dengan berbagai cara, termasuk dikukus. Kalau cheesecake yang dipanggang biasa menggunakan cream cheese, untuk cheesecake kukus ini anda bisa menggunakan cheese spread atau selai keju. Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, yaitu tepung terigu, telur, susu bubuk, susu cair, gula pasir, cheese spread, dan emulsifier. Setelah bahan-bahan dicampurkan sesuai resep, adonan tinggal anda kukus selama 20-30 menit dan taburkan keju parut sebagai topping-nya.

5. Kue Ketan Hitam Kukus

Kue dengan bahan dasar tepung ketan hitam ini umumnya diolah sebagai bolu panggang. Namun, kalau anda tidak memiliki oven di rumah, tepung ketan hitam juga bisa diolah menjadi kue ketan hitam kukus.

Untuk membuatnya, anda membutuhkan tepung ketan hitam yang diayak, santan, margarin, telur, gula pasir, dan emulsifier jenis SP. Dimulai dengan mengocok telur, gula, dan SP hingga mengembang, lalu masukkan tepung ketan hitam, santan, dan margarin secara berturut-turut, kemudian diaduk rata dengan metode aduk-balik. Adonan kue yang sudah siap, dituang ke dalam loyang dan dikukus selama 25 menit. Mudah, kan?

6. No-bake Cheesecake


Setelah ada cheesecake yang dipanggang dan dikukus, ada pula no-bake cheesecake yang membuatnya hanya perlu campur adonan, tumpuk, dan masukkan ke dalam kulkas. Bahan utama dari no-bake cheesecake ini adalah biskuit dan cream cheese.


Biskuit dihancurkan dan dicampur dengan mentega cair, lalu dijadikan bagian dasar kue. Biskuit ini harus benar-benar ditekan hingga padat dan tidak ada celah kosong supaya cheesecake yang dihasilkan jadi kokoh. Terpisah, kocok cream cheese dan gula hingga lembut, tambahkan whipped cream siap pakai atau yang sudah dikocok kaku, lalu aduk menggunakan spatula hingga rata. Tuangkan adonan krim ke atas padatan biskuit, ratakan, dan simpan kue di dalam kulkas selama 4 jam hingga padat.

Sumber:https://resepkoki.id/6-kue-cake-lezat-tanpa-oven/

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Kue dan Cake Lezat yang Bisa Dibuat Tanpa Oven"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel