6 Jenis Resep Tempe dan Tahu yang Naik Kelas

Tahu dan tempe selama ini lebih dikenal sebagai bahan makanan yang murah dan kaya protein. Diolahnya pun begitu-begitu saja, dengan cara yang tradisional, seperti digoreng, dibacem, dan ditumis. Padahal, tahu dan tempe ini bisa sekali lho dikreasikan jadi “naik kelas”. Untuk rasa, olahan-olahan tahu dan tempe ini bisa diadu dengan daging sapi maupun ayam.

1. Bola Tempe Isi Mozzarella


Hampir semua bahan makanan saat ini diolah dengan tambahan keju mozzarella yang lumer. Tempe juga tidak mau kalah, dong. Bola tempe isi mozzarella ini bisa jadi salah satu kreasi “naik kelas”-nya tempe yang bisa anda coba.

Tempe dilumatkan menggunakan garpu hingga lembut, ambil sebanyak 1 sendok makan, isi dengan 1 potong keju mozzarella, dan bentuk jadi seperti bola. Bola-bola tempe ini kemudian digoreng secara deep fry hingga matang. Ketika dimakan, lelehan keju mozzarella yang keluar dari bola-bola tempe ini sangat menggoda selera. Gurih dan nikmat sekali rasanya.

2. Tahu Cabai Garam

Tahu cabai garam merupakan menu yang populer di berbagai restoran, terutama restoran seafood dan chinese food. Menu ini sebenarnya sangat sederhana, yakni tahu digoreng krispi kemudian disiram bawang putih goreng serta tumisan cabai dan garam. Yang membuat tahu cabai garam menjadi populer adalah rasa gurih-pedasnya yang membuat nagih dan sangat nikmat disantap bersama nasi hangat.

3. Steak Tempe



Sajian steak memang identik dengan daging sapi. Tapi, ternyata tempe pun tidak kalah nikmat lho kalau diolah menjadi steak. Tempe dilumatkan dulu, lalu dibumbui dengan garam, merica, dan tepung tapioka. Setelah dibentuk pipih, steak tempe ini dipanggang dengan olesan saus bbq siap pakai hingga matang.

Steak tempe sangat nikmat disantap bersama kentang goreng dan tumisan sayuran, atau sebagai patty dengan roti burger dan selada. Untuk saus siramnya, anda bisa gunakan saus bbq siap pakai atau saus blackpepper dan brown sauce yang dibuat sendiri. Sajian steak tempe ini cocok sekali untuk anda yang vegetarian atau sedang berdiet.

4. Nugget Tahu



Kalau bosan dengan rasa nugget ayam yang begitu-begitu saja, mungkin nugget tahu bisa menjadi pilihan. Di adonan nugget tahu sendiri, sebenarnya masih terdapat daging ayam giling. Tapi, jumlahnya sedikit, hanya ⅓-nya adonan tahu. Saat membuat nugget tahu, anda juga bisa menambahkan berbagai jenis sayur, seperti wortel, buncis, dan bayam supaya lebih sehat. Lumayan juga kan untuk mengakali si kecil yang sulit makan sayur?

5. Tempe Katsu



Umumnya, bahan dasar katsu adalah daging ayam yang di-fillet. Tapi kalau sedang kehabisan bahan, anda juga bisa membuat katsu dari tempe, lho. Caranya mudah sekali. Anda hanya perlu melumatkan tempe hingga halus, mencampurnya dengan garam, merica, telur, dan bawang putih, lalu gulingkan ke tepung panir. Tempe katsu siap digoreng hingga matang dan disantap bersama saus sambal.

6. Tahu Rambutan

Olahan yang satu ini, mirip-mirip sajian ala restoran dimsum, yaitu cumi rambutan. Bedanya, bahan utama yang digunakan diganti dengan tahu putih yang dihaluskan dan “rambutan”-nya terbuat dari mie keriting kering. Tahu rambutan ini memiliki isian berupa telur puyuh utuh. Jadi, rasanya semakin gurih dan lezat.

Sumber:https://resepkoki.id/6-sajian-tempe-dan-tahu-yang-naik-kelas/

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Resep Tempe dan Tahu yang Naik Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel